Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

SINERGI PONPES DARUN NUN DAN UPKM EL-MARIFAH, MENGGEBRAK KEBANGKITAN SASTRA PESANTREN


 

sumber : istimewa

Pondok pesantren Darun Nun berkolaborasi dengan UPKM El-Marifah dalam penyelenggaraan ASTRA (Apresiasi Sastra) yang rutin tiap tahunnya diselenggarakan. Kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu 26 November 2022, ini bertujuan untuk mengapresiasikan sebuah karya sastra dan menjadi wadah komunitas sastra wilayah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

ASTRA telah dilaksanakan selama tujuh tahun . Astra merupakan manifestasi perwujudan dari pondok pesantren darun nun itu sendiri yang memiliki slogan berbahasa dan berkarya . Dimana sastra menjadi unsur utama dalam  berkarya.

Kegiatan yang bertempat di Halaqah Ma'had Sunan Ampel Al-Ali Malang, kegiatan ASTRA' ini rutin dilaksanakan dan yang menjadi spesial di tahun ini adalah bisa berkolaborasi dengan UPKM El-Marifah, selain bertujuan untuk menjalin silaturahmi, juga untuk membangkitkan sastra santri yang sempat redup di 2 tahun covid lalu, ucap Dr. Halimi Zuhdy, M.Pd sebagai pengasuh Pondok Pesantren Darun Nun

Sumber : istimewa


    ASTRA dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama berupa seminar dan sesi kedua berupa penampilan. Pada sesi pertama, seminar diisi oleh dua pemateri yaitu Dr. Muhammad Arrafik dan juga Indah Nurnaningsih, S.Pd. ASTRA memiliki tema Mewujudkan kembali morfologi sastra santri di tengah inflasi literasi yang diikuti oleh berbagai komunitas sastra sekitar dan mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tidak hanya disitu saja, kegiatan ASTRA' juga diramaikan dengan penampilan-penampilan dari berbagai komunitas seperti Al-kindy, El-jidal, JDFI, El-Marifah dan ditutup dengan penampilan dari mahasantri Darun Nun putra dan putri.

Kegiatan ASTRA ini disambut baik oleh Dr. Ahmad Izzudin, M.HI sebagai pembina UPKM El-Ma’rifah “Kegiatan Apresiasi Sastra (ASTRA) yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Darun Nun berkolaborasi dengan UPKM El-Ma’rifah adalah kegiatan yang jarang dilakukan oleh UKM dan Pondok Pesantren Mahasiswa pada umumnya dan kegiatan ini patut untuk diapresi dan dilanjutkan ditahun-tahun berikutnya.” Ucap beliau saat sambutan. Kegiatan yang dihadiri oleh puluhan mahasiswa baru dan beberapa UKM Universitas tidak hanya dimeriahkan oleh Seminar Nasional pada pagi harinya dan juga penampilan-penampilan pada malam harinya, namun para peserta dapat melihat karya-karya sastra yang ditulis oleh para mahasantri Darun Nun diawal kedatangan mereka di Halaqah Ma’had.

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar