Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Laporan Kepenulisan Bulan November-Desember 2022

Akumulasi Data Santri dalam Menulis Bulan November-Desember 2022

”Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang anda ketahui. Tulis tentang pengalaman dan perasaan Anda sendiri” (JK Rowling)
Laporan kepenulisan kembali lagi menyapa santri-santri Darunnun dengan informasi dan fakta seputar produktivitas santri Darunnun. Banyak rentetan acara yang membuat santri Darunnun “mungkin” tak bisa menyisihkan waktunya untuk menulis, diantaranya adalah pelatihan fiqhiyah, laporan pertanggungjawaban  pengurus, pelatihan jurnalistik, apresiasi sastra dan pelantikan pengurus baru.   
Sebagai penutup buku di akhir tahun 2022, divisi kepenulisan secara langsung mendata piket kepenulisan santri dari awal November hingga 10 Desember sebagai penutup akhir kegiatan taklim di Pesantren Darunnun. Berikut grafik yang menunjukan produktivitas santri dalam menulis :
  
Jika dibandingkan dengan data di bulan Oktober, produktivitas santri dalam menulis mengalami penurunan yang sangat signifikan, bahkan setengahnya. Dimana saat minggu petama hanya ada delapan orang yang mengirim, lalu minggu kedua ada 14 orang yang mengirim, lalu minggu ketiga ada tujuh orang yang mengirim,minggu keempat ada delapan orang yang mengirim dan di bulan desember ada tujuh orang mengirim. 
Adapun jika dilihat dari frekuensi menulis sebagai berikut :
   

Terlihat jelas dari total santri sebanyak 46 santri , yang pernah menulis dalam kurun waktu November-Desember hanya 22 santri. Dan yang mengirim full tiap minggu dalam jangka waktu tersebut hanya satu orang. Serta sebanyak Sembilan santri paling banyak mengirim dua kali dalam jangka waktu tersebut.
Hasil tersebut adalah hasil pendataan santri secara manual melalui grub kelas menulis. Apabila ada data yang keliru mohon konfirmasi  bagi santri yang kedapatan telah mengirim tapi belum didata. Karena pada dasarnya, piket kepenulisan bisa jalan karena kerjasama antar anggota dan divisi kepenulisan itu sendiri yang terkadang dari divisi kami sendiri terdapat kelalaian dalam mengingatkan maupun lupa dalam mengirimkan jadwal.
Semoga kita semuanya kembali pada khittah-nya masing-masing. Menjadikan kegiatan menulis bukan sekedar penggugur kewajiban di pesantren melainkan menjadi wadah untuk menyalurkan ilmu yang dituntut masing-masing dan bisa mengembangkan diri ke arah yang lebih baik. (red-yus) 

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar