Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Resensi Novel: "Buku Latihan Soal Mantappu Jiwa"

Dok. Pribadi

Oleh: Ahmad Rofiqi Hasan

Sampul Cover Buku
Sumber: www.googlebooks.com


Sampul Belakang Buku
Sumber: www.googlebooks.com


Informasi Buku

Judul Buku: Buku Latihan Soal Mantappu Jiwa
Penulis: Jerome Polin Sijabat
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Kota: Jakarta
ISBN: 9-786020-632414
Tahun Terbit: 2019
Ketebalan Halaman: 224 Halaman
Harga P. Jawa: Rp. 95.000

Pendahuluan

Bagi para penggemar Jerome Polin dan sering menonton channel Youtube “Nihongo Mantappu”, pasti sudah tidak asing lagi dengan kalimat ini, karena selalu disebutkan dalam setiap opening video Youtubenya. Jepang memang sudah seperti tempat tinggal kedua bagi Jerome Polin, apalagi setelah dirinya resmi diterima sebagai mahasiswa S1 di negara sakura tersebut. Selain membuat konten Youtube, Jerome juga menulis sebuah buku yang berjudul Mantappu Jiwa, yang ternyata diambil dari kata-kata dalam jargonnya yang selalu muncul di setiap video youtubenya.

Sinopsis

                    Jerome Polin Sijabat menuliskan cerita perjalanannya menjadi mahasiswa S1 di Jepang dengan mendapatkan beasiswa penuh. Ternyata melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri sudah menjadi mimpinya sejak kecil. Jerome menceritakan semua mimpi yang dia miliki sejak kecil dan bagaimana perjuangannya merealisasikan mimpi tersebut. 

                   Dalam buku ini dijelaskan bahwa ia lahir dengan latar belakang keluarga yang tidak begitu berkecukupan secara ekonomi. Karena hal tersebut, ia berusaha untuk belajar mandiri di Rumah dan tidak mengikuti les tambahan di luar sekolah. Semangat belajarnya tidak pernah padam, saat duduk di bangku kelas X SMA ia mempelajari materi kelas X - XII sehingga ia dapat mengikuti olimpiade matematika dan sains. 

                  Dalam memperjuangkan mimpinya ia pun harus mengalami banyak jatuh bangun. Banyak sekali hal yang harus ia korbankan, seperti waktu bermain. Tapi Ia selalu bangkit dan tidak berhenti berusaha. 

                 Setelah usaha yang ia lakukan, ia tidak lupa untuk mencari informasi mengenai mimpinya untuk kuliah di luar negri. Saat itu Jerome Polin mengikuti beasiswa tes Mitsui Bussan dan diterima sehingga kini ia menjadi mahasiswa Waseda University di Jepang.

Review:
  • Kelebihan Buku
Bahasa yang digunakan cukup mudah dimengerti oleh kaum milenial atau anak muda karena terdapat slang yang sangat kekinian, sehingga mungkin kurang cocok dibaca oleh generasi yang lebih tua.
  • Kekurangan Buku
Bahasa yang mudah dipahami, ilustrasi yang menarik, harga terjangkau, dan banyaknya nilai positif yang dapat diambil seperti quotes/nasihat-nasihat kehidupan, hal tersebut menjadikan buku ini layak untuk dibeli.

Penutup
Buku ini direkomendasikan untuk pembaca yang mencari buku untuk meningkatkan motivasi belajar. Penulisan dalam buku ini juga membuat Pembaca seolah - olah menjadi teman Penulis. Selain itu buku ini juga direkomendasikan untuk Pembaca yang menyukai ilustrasi unik karena terdapat banyak gambar yang menarik dalam buku ini.

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar