Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Pelatihan Jurnalistik oleh LTN NU Kota Malang, Bekal Menangkal Hoaks di Era Digitalisasi

sumber : istimewa

 Oleh : Divisi Kepenulisan

Malang -  Era digitalisasi saat ini menyebabkan siapapun bisa menjadi jurnalis dadakan atau bisa disebut citizen journalism dimana kompetensi seorang jurnalis sangat dibutuhkan . Lembaga Ta’lif wan Nasyr  Nahdlatul Ulama (LTN NU) Kota Malang berinisiatif untuk mengadakan workshop  jurnalistik.  Workshop kali ini  digelar secara luring dan berlokasi di aula KH Abdurrahman Wahid  PCNU Kota Malang, JawTimur, jalan KH. Hasyim Asyari.  Acara  ini dihadiri oleh beberapa instansi, baik instansi pendidikan seperti pondok pesantren maupun organisasi keislaman.

Dibuka dengan sambutan, ketua LTN NU Kota Malang, Abdul Muntholib berharap para jurnalis muda memiliki kemampuan jurnalistik yang mumpuni khususnya dalam penulisan berita, serta pemanfaatan social media sebagai media informasi dan dan dakwah

Diadakan pada Sabtu, 12 November 2022 dan terdiri dari tiap sesi yang saling berkaitan, workshop jurnalistik kali ini diisi oleh pemateri-pemateri yang kompeten di bidangnya masing-masing . Sesi pertama tentang pengenalan Search Engine Optimalization (SE) yang diisi oleh Pakar Cyber & IT Bank Swasta Internasional Abdul Haris Suaidi, S.E. Pada sesi ini pemateri menjelaskan bagaimana SEO berpengaruh terhadap keuntungan finansial yang didapat dari optimasi konten. Sesi kedua diisi dengan  dasar kejurnalistikan oleh Wartawan Senior Malang Posco Media Muhaimin, MP. Pemateri dengan gambalang menjelaskan seluk-beluk dasar kejurnalistikan yang dikorelasikan dengan studi kasus yang terjadi di sekitar dan pentingnya menangkal hoaks dengan membuat berita yang penuh tanggung jawab dan kompeten. Sedangkan sesi terakhir  yakni mengenai  fotografi jurnalistik oleh Anggota Pewarta Foto Indonesia Nedi Putra  AW yang menjelaskan tentang teknik pengambilan foto yang tepat untuk berita dan pentingnya nilai keberitaan dalam foto.

Diharapkan acara ini dapat berlanjut ke jenjang berikutnya yang  lebih rinci sehingga dapat mengoptimalkan bakat yang dimiliki oleh para jurnalis muda.(red-yus)

 

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar