Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Pelatihan Fiqhiyyah Untuk Santri Darunnun : Tatacara Memandikan Jenazah Oleh Ustadz Nur Kholish, M.T

Gambar : istimewa

Oleh : Divisi Taklim dan Ubudiyah


كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ

“Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian.(Ali Imran : 185)”

Kematian merupakan sunnatullah yang tak dapat dielakkan. Cepat atau lambat semuanya akan merasakan. Divisi Taklim dan Ubudiyah Pondok Pesantren Darunnun baru saja melakukan Pelatihan Fiqhiyyah yang berlokasi di Blok F3 Perumahan Bukit Cemara Tidar.

Mengurusi jenazah merupakan perkara penting yang perlu diketahui. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

 

أَسْرِعُواْ بالجنازةِ ، فإن تَكُ صالحةً فخيرٌ تُقَدِّمُونَهَا ، وإن يَكُ سِوَى ذلكَ ، فشَرٌّ تضعونَهُ عن رقابكم

 “Percepatlah pengurusan jenazah. Jika ia orang yang shalih di antara kalian, maka akan jadi kebaikan baginya jika kalian percepat. Jika ia orang yang bukan demikian, maka keburukan lebih cepat hilang dari pundak-pundak kalian” (HR. Bukhari no. 1315, Muslim no. 944).

 

Pemateri sedang mempraktikan bagaimana menyiapkan kafan yang dibutuhkan jenazah (sumber : istimewa)

Salah satu santri memperagakan jenazah yang akan dikenakan kain kafan(sumber : istimewa) 

Berlangsung pada Sabtu, 12 November 2022. Pelatihan kali ini diisi dengan materi tatacara memandikan jenazah sesuai tuntunan syariah yang dipandu oleh anggota Tim Perawat Jenazah Ust. Nur Kholish, M.T. Acara dihadiri oleh belasan santri yang sangat antusias mengikuti jalannya acara.

Harapannya acara ini menjadi bekal di masa depan karena suatu kepastian ilmu ini akan dibutuhkan baik itu dalam ruang lingkup masyarakat maupun keluarga sendiri.

 

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar