Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Laporan Keaktifan Santri Darunnun dalam Berkarya Bulan Oktober 2022

Dok. Pribadi


Akumulasi Santri Dalam Menulis Bulan Oktober

"Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang Anda ketahui. Tulis tentang pengalaman dan perasaan Anda sendiri" (JK Rowling)

Bulan Oktober baru saja berlalu, segala aktifitas dan rutinitas dari mahasantri Darunnun nampaknya kian bertambah dan meningkat. Tak dapat dipungkiri, mahasantri darunnun memliki latarbelakang yang berbeda satu sama lain. Ada yang menjadi aktivis kampus dan UKM, ada yang fokus mengajar sambil mengaji, ada yang fokus dengan tugas akhirnya, ada yang sibuk dengan hobinya, ada yang sibuk dengan kegiatan kuliahnya dan masih banyak lagi.

Bulan November telah tiba, sudah saatnya kami dari divisi kepenulisan melaporkan rekapitulasi pengumpulan karya dalam rentang waktu 2 Oktober sampai 29 Oktober 2022. Tentu ini dapat menjadi refleksi atau gambaran tentang kelancaran atau hambatan santri dalam menulis. Berikut kami tampilkan grafiknya :


 
    Grafik tersebut menunjukan berapa jumlah santri yang menulis tiap minggu. Pada minggu pertama ada sekitar 20-an santri yang menulis, minggu kedua ada sekitar 15 santri yang menulis, minggu ketiga ada sekitar 13 santri yang menulis, dan minggu terakhir ada 16 santri yang menulis. Sehingga bisa kita ketahui. Produktivitas santri pada awal bulan tinggi lalu menurun dipertengahan dan naik lagi di pekan terakhir. 

Kemudian dari segi frekuensi pengiriman karya dapat dilihat dari grafik berikut :

Dok. Pribadi

 
       Di grafik tersebut dijelaskan bahwa ada sekitar 22-an santri yang tidak pernah menulis sama sekali dalam sebulan. Kemudian hanya ada sekitar 6-7 orang yang menulis satu bulan penuh.  Titik paling tertinggi ada pada poin santri yang tidak pernah menulis dan titik terendah ada pada santri yang hanya menulis 2 tulisan dalam seminggu. 

       Demikianlah laporan kepenulisan bulan November yang dapat kami laporkan, rasa terimakasih kami haturkan pada teman-teman santri yang sudah menyisikan waktunya untuk mengerjakan piket karya.

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar