Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Begadang dan Dampak Negatifnya

Sumber: https://googleimages.com


Oleh: Fitria Nuraini Ardianti

Kita semua pasti sudah tidak asing dengan istilah begadang. Apasih sebenarnya begadang itu? Begadang adalah istilah yang sering digunakan untuk kebiasaan terjaga sampai larut malam dan tidur saat menjelang pagi. Tubuh orang dewasa pada umumnya memerlukan waktu tidur yang cukup kurang lebih sekitar 7-9 jam perhari. Saat kita tidur, tubuh akan beristirahat dan meregenerasi jaringan dan sel tubuh yang rusak, dengan tidur tubuh akan menghasilkan energi serta dapat menjaga kondisi fisik dan mental. 


Terlalu sering begadang tentu memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan, beberapa contohnya antara lain: 
  • Penurunan Fungsi Otak
Saat tidur, jaringan dan sel di otak akan mengalami proses regenerasi. Dengan terbentuknya jaringan otak yang sehat, tentu fungsi otak akan tetap terjaga dan bekerja secara maksimal. Begitupun sebaliknya, jika fungsi otak melemah, maka otak tidak bisa bekerja dengan maksimal sehingga dapat mengalami berbagai gangguan, salah satunya adalah melemahnya konsentrasi dan daya ingat. 
  • Peningkatan Berat Badan
Begadang dapat mengganggu metabolisme tubuh. Selain itu, saat begadang tubuh akan lebih sering merasa lapar, sehingga pola makan menjadi tidak terkontrol. Hal inilah yang membuat berat badan bertambah banyak.
  • Peningkatan Risiko Gangguan Mental
Beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang sering begadang lebih rentan mengalami gangguan fungsi otak dan gangguan tidur (insomnia). Efek tersebut dapat meningkatkan gangguan kecemasan dan depresi. Jika pola hidup juga tidak sehat, maka risiko ini juga akan semakin meningkat
  • Penurunan Sistem Imun
Kebiasaan begadang dapat membuat daya tahan tubuh melemah, sehingga tubuh menjadi lebih rentan terhadap virus dan lebih rentan untuk terkena penyakit. 
  • Peningkatan Risiko Kanker
Efek begadang dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Belum diketahui secara pasti apa kaitan antara begadang dengan kemunculan kanker dalam tubuh, namun hal ini diduga karena timbulnya stress yang disertai dengan rusaknya Sel-sel tubuh. 


Maka dari itu, sebaiknya kita menghindari dan mengurangi intensitas begadang jika memang tidak ada hal penting yang mengharuskan untuk begadang, supaya kesehatan kita lebih terjaga. 
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar