Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Riview Buku Filsafat Eklektika Islam



Oleh Dinda Novita Sari

Judul Buku      : Filsafat Eklektika Islam

Penerbit           : Naila Pustaka

Pengarang       : Dr. H. Zainuddin, MA.

ISBN               : 978-602-1290-38-5

Ukuran                        : 20 cm x 14 cm

Halama            : viii, 193 halam

Harga              : 39.000

Tahun              : 2016

 

Filsafat Eklektika Islam merupakan buku karya dari Dr. H. M. Zainudin, M buku ini mengurau teori ilmu pengetahuan dalam perspektif islam, yang mencakup: teori dan konsep, kedudukan, dan funsi, strategis pengembangan dan tanggungjawab ilmuwan muslim terhadap ilmu dan teknologi. Jadi buku ini membantu pembaca dalam memahami pentingnya ilmu pengetauan bagi manunusia, apali hampir setiap saat manusia tak pernah lepas dari aktivitas mencari ilmu.

Dalam buku filsafat eklektika islam, membagi pengetahuan dalam tiga kategori umum, yakni pengethuan tentang yang baik dan yang buruk (yang di sebut dengan etika/agam), pengetahuan yang indah dan yang tidak indah (yang disebut dengan estetikan /seni), dan penegtahuan tentang yang benar dan yang salah (yang disebut dengan logika/ almu). Pengetahuan pada dasarnya merupakan segenap apa yamh kita ketahui tentang objek tertentu, termasuk di dalamnya adalah ilmu.

Dalam buku Filsafat Eklektika Isalam membagi objek kajian filsafat ilmu menjadi tiga, yaitu, ontologi yang menjelaskan pertanyaan mengenai apa, epistimologi menjelaskan pertanyaan tentang bagaimana, dan aksiologi menjelaskan pertanyaan untuk apa.

Buku dengan tebal 193 halaman ini sangat di sangat di rekomendasikan untuk pembaca apalagi untuk pemula yang sedang belajar mengenai filsafat ilmu. Dalam buku ini penulis menggunakan Bahasa-bahasa yang mudah di pahami oleh pembaca dan pembahasanyapun tidak terlalu berat. Sehingga pembaca tidak  akan merasa bingung saat membacanya.

Selain itu di jelaskan juga mengenai hubungan filsafat, ilmu, dan agama. Filsafat merupakan suatu pengetahuan atau teori untuk memperoleh kebenaran secara rasional, metodologis, dan radikal. Dengan tujuan untuk mencari kebenaran dan sifat kebenran itu relative. Objek kajian dari filsafat yakni tuhan, alam semeta, dan manusia dan kajian tersebut bersifat rasional, logika, dan spekulatif yang bersumber dari akal/ rasio.

Ilmu yaitu sekumpulan pengetahuan yang telah teruji kebenarannya dengan tujuan mencari kebenaran dan bersifat relative. Objek kajian dari ilmu yaitu alam, dan manusia dengan sifat kajian yaitu rasional, objek yang bersumber dari aka/rasio, indra, dan ilham.

Agama yaitu suatu kepercayaan terhadpa yang ghaib (tuhan) yang mengatur alam jagad rayadan untuk disembahnya. Agama membawa misi mengantarkan manusia untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Tujuan dari agama yakni untuk mencari kebahagiaan hidup dengan sifat kebenaran absolut. Objek kajian dari agama yaitu sebagai doktrin, agaman menjadi pusat kajian, dan sebagai ilmu ia memiliki objek tuhan, alam, dan manusia. Sifat dari agama yakni iman yang bersumber dari wahyu.

Buku ini diterbitkan pada tahun 2017. Buku yang mepelajari tentang ilmu penegtahuan dalam perspektif islam ini memiliki kelebihan yaitu apa yang di jelaskan oleh penulis mudah di pahami dan Bahasa yang digunakan pun tidak begitu rumit serta dilengkapi dengan surat-surat Al-Quran dan hadis. Selain itu buku ini dekamas dalam bentuk yang simple dan mudah untuk dibwa dan dibaca dimanapun.





Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar