Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Faedah Cerita Yang Tertebar Dalam Kitab Badaiiuzzuhur

Pengarang; Syaikh Muhammad Bin Ahmad Bin Ibas Al-hanafi

Oleh Muhammad Fajar Maulana

Berkata syaikh muhammad: “saya mengarang kitab yang berisi sejarah dan  cetita-cerita  , dan saya memilih sejarah dan cerita yang paling bagus dan faidah yang langka dan jarang didapati . dan juga saya meriwayatkan sejarah dan  cerita dalam kitab ini atas dasar dalil dan Riwayat-riwayat yang jelas. Dan juga berkata abu zaid Al-balkha : “pembagian ilmu ada 4 :

1.      Ilmu rofi’ (tinggi)

Rofi’ yang dimaksud di sini bermakna tinggi dalam kedudukannya yaitu ; Al-qur’an dan Al-hadits , yang menjadi sumber segala ilmu dan hukum dalam islam.

2.      Ilmu sati’(terang)

Sati’ dimaksud di sini adalah sejarah dan cerita-cerita yang berisikan faidah dan juga sumber yang jelas

3.      Ilmu nafi’(bermanfaat)

Nafi’ dimaksud di sini adalah ilmu yang berorientasi pada duniawi , seperti ; ilmu kedokteran , matematika, dan lainya. Akan tetapi jika diniatkan untuk akhirat maka ilmu ini akan menghantarkan nya ke akhirat (surga), karena segala sesuatu itu tergantung niatnya.

4.      Ilmu wadhi’(tergletak)

Wadhii’ yang berarti meletakan, yang dimaksud adalah Allah merendahkan dan melarang kita untuk mempelajarinya, karena berusaha untuk menyekutukan Allah dan tidak mempercayai qada’ dan qadarnya Allah. contohnya : ilmu perdukunan, ilmu sihir, dan semacamnya.


CERITA 1 :

AWAL MULA PENCIPTAAN MAKHLUK

Diriwayatkan dari imam ahmad dalam musnad-Nya,  dari amir aqily berkata “Wahai Rasullullah, di manakah Tuhan kita sebelum ia menciptakan langit dan bumi ? Rasullulah menjawab ; Dia berada di sebuah awan, yang di atasnya angin dan di bawahnya angin kemudian Dia menciptakan Ars di atas bentangan air”.  Para ulama berbeda pendapat apa yang di ciptakan Allah sebelum Arsh,salah satu nya:

1.      Riwayat dari Imam Tirmidzi dari Ubadah bin Somit, beliau berkata : Rasullulah bersabda, “Pertama kali Allah ciptakan makhluk adalah sebuah pena yang terbuat dari cahaya, pendapat lain mengatakan dari permata yang sangat putih yang panjangnya kisaran antara langit dan bumi, kemudian Allah menciptakan lembaran yang tercipta dari mutiara yang sangat putih yang dihiasi dari permata mulia berwarna merah, dan panjangnya kisaran antara langit dan bumi, dan luasnya kisaran dari ujung barat sampai timur”.

2.      Riwayat dari imam Anas bin malik, Rasullulah bersabda :”Sesungguhnya Allah mempunyai sebuah lembaran yang mepunyai sisi yang terbuat dari permata merah dan sisi lain terbuat dari permata berwarna hijau, dan juga memiliki pena-pena yang terbuat dari cahaya.

Berkata Abdullah bin Abbas Radiyallahuanhu, Allah menciptakan sebuah pena sebelum menciptakan makhluk lainnya, dan pena tersebut berada diArsnya Allah, kemudia Allah memandang pena tersebut dengan pandangan yang perkasa, dari pandangan Allah tadi pena tersebut terbelah dan mengeluarkan sebuah tinta. Dan beliau berkata juga; pena tersebut dalam keadaan terbelah dan akan mengeluarkan sumber, yaitu adalah sebuah tinta hingga hari kiamat. Kemuadian Allah berfirman kepada pena tersebut, “Tulislah! dan pena tersebut berkata : apa yang harus saya tulis wahai Tuhan kami, Allah menjawab “tulislah sebuah Alam dari penciptaanku, dari Alam tersebut akan terbuat sebuah alam semesta sampai hari kiamat.

Berkata juga Abi Hatim pertama kali yang ditulis pena ciptaan Allah adalah “ Sesungguhnya rahmatku lebih luas dari murkaku”, perkataan ini banyak diriwayatkan dan yang paling benar dan sahih, perkataana ibnu abbas , pada saat awal diciptakanya pena, dia menulis tentang alam semesta sampai hari kiamat, juga tentang takdir baik maupun jelek, bahagia dan celaka, perkataan ini bersumber dari firman Allah Swt ”Dan segala sesuatu kamu kumpulkan dalam kitab induk yang nyata (lauh Mahfudz) Q.S Yasin 11-13 .

Berkata Amrr biin Ash :”Saya mendengar Rasullaloh SAW berkata, Allah telah menetapkan takdir dari setiap makhluk sebelum adanya penciptaan langit dan bumi sekitar 50 ribu tahun sebelum diciptakan langit dan bumi”. Dengan adanya hadits ini maka menunjukan adanya pena Allah lebih dahulu dibanding dengan Arss, hal ini menunjukan penal makhluk pertama yang diciprakan Allah, dan setelahnya diciptakanlah lembaran setelahnya.

Berkata Abdullah bin abbas  semoga Allah meridoinya : Sesungguhnya Allah memilki lembaran yang terbuat dari permata yang sangat putih, dan Allah menatap lembaran itu setiap hari dan malam sebanyak 360 kali tatapan, dan disetiap pandangan Allah terciptalah apa yang dikehendakinya, dan memberikan rezeki yang dikehendakinya, menjadikan hidup dan mati sesuai kehendaknya, dan semua yang telah ditetapkannya, maka ini bersandar pada perintah Allah Swt ; Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. maha suci Allah Tuhan semesta alam”. Q.S Al-A’raf ayat 54.  Dan juga firman Allah Swt:” Tidak ada seorang perempuan pun yang mengandung dan melahirkan, melainkan dengan sepengetahuan-Nya, dan tidak dipanjangkan umur seseorang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam kitab (Lauh Mahfudz). Sesungguh, yang demikian itu mudah baginya”. Q.S Faathir (35):11

 

 

 

 

 



Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar