Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Tips Santri Agar Terhindar Dari Scabies di Pondok Pesantren

sumber : pribadi

Oleh : Ainul Harist

 

                Santri jorok, tidak terurus, berpenyakitan kulit ? sudah tidak zaman lagi. Banyak orang yang beraanggapan bahwa santri seperti demikian. Di zaman yang semakin modern dan kece ini kita sebagai santri jangan mau diremehkan oleh persepsi orang lain yang tidak enak di hati. Kita harus selalu bersih, wangi, rapi, dan berseri seri supaya martabat kita sebagai santri tidak turun karena kurangnya kebersihan kita. Khususnya penyakit kulit di pondok pesantren, sudah tidak asing lagi bagi santri dengan istilah scabies (gudhig). Scabies (gudhig) adalah penyakit gatal akibat serangan oleh sejenis tungau yang berukuran sangat kecil hingga hanya bisa dilihat melalui mikroskop, yang bernama Sarcoptes scabei var. Ini bisa terjadi karena kurangnya kebersihan dalam kehidupan di pondok pesantren. Berikut adalah tips santri agar terhindar dari scabies (gudhig) di Pondok Pesantren :

 

1. Mandi Dengan Bersih.

                Jangan sampai salah persepsi kalau mandi dengan bersih hanya dilakukan dengan air saja, kita harus menggunakan sabun terutama yang mengandung antiseptik sehingga kuman-kuman bisa hilang dan kulit menjadi bersih dan sehat . Kita sebagai santri minimal mandi sebanyak 2x sehari.

 

2. Mencuci Pakaian.

                Melihat kepadatan kegiatan yang dilakukan santri, sampai kita lupa dengan pakaian kita yang dipakai setiap hari. Minimal kita sebagai santri harus mengganti baju satu kali dana dua hari (sesuai dengan kegiatab). Mencuci baju juga harus tertib dan bersih, jangan asal-asalan mencuci biar cepet selesai cuma dikasih sabun dibilas dan dikasih pewangi, dengan demikian kuman-kuman akan tetap menempel dan membuat kulit kita gatal karena baju belum bersih dalam mencuci.

 

3. Tidak Memakai Pakaian Orang Lain.

                Ini sering terjadi di asrama pondok pesantren, boleh kita memakai akan tetapi langsung dicuci dengan bersih dan dikembalikan dengan keadaan bersih dan disertika, mengapa demikian karena kita tidak tau kuman yang berada dipakaian orang lain dan bisa jadi menjadi penyakit scabies (gudhig), dengan disetrika kuman-kuman akan hilang dan hangus oleh panasnya setrika.


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar