Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.



Debat Bahasa Arab Melatih Critical Think dalam Beragumen

Oleh: Ahmad Rofiqi Hasan

Debat bukannlah sesuatu yang bernilai negatif atau sumber dari sebuah permasalahan namun pada realitanya debat merupakan cara untuk melatih pola berpikir , menganalisis sebuah permasalahan, kritis dalam beragumen (critical thinking) dan juga menguatkan mental dalam berbicara didepan umum.

 Dewasa ini, debat bukan hanya sesuatu yang sifatnya non formal namun sudah merambat ke dunia formal. Dimana perkembangan debat cukup signifikan perkembangannya mulai dari banyaknya macam debat dan juga peraturan yang  sudah dikembangkan didalamnya. Dari banyaknya macam debat yang muncul akhir-akhir ini, Debat bahasa arab adalah satu yang macam debat yang peminatnya cukup banyak, bukan hanya dari golongan santri yang notabennya mereka mempunyai kapabilitas yang cukup dalam berbahasa arab, namun sudah merambat di  tingkat SLTA bahkan perguruan tinggi.

Debat bahasa arab atau dikenal juga dengan munadzoroh ilmiyyah adalah sebuah komunikasi bernilai tinggi dan merupakan strategi pembelajaran bahasa arab yang efektif. Dimana debat bahasa arab sudah menjadi cabang lomba bergengsi dimana perlombaan ini bukan hanya ditingkat sekolah/mahad namun sudah ditingkat nasional bahkan internasional. Dalam Sistem  perdebatan, seorang pedebat dituntut untuk bisa mempertahankan argumen yang dimilikinya dan juga dituntut untuk menguasai isu-isu yang berkembang saat ini.

Maka debat bukanlah sesuatu yang bernilai negatif namun memiliki nilai-nilai positif yaitu melatih mental dalam mempertahankan argumen dan dituntut untuk berfikir logis dan kritis.

 

Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar