Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Contoh Laporan PKL Mahasiswa PERAN “USWATUN HASANAH “ DALAM PENDIDIKAN DI MAN GONDANGLEGI


Muhammaad Sabilah Rusydi

     MAN Gondanglegi atau biasa disebut dengan MAN 1 Malang merupakan sebuah Lembaga Pendidikan Menengah Atas yang berwawasan global dengan ciri khas Keislaman yang terletak di Kecamatan Gondanglegi. MAN Gondanglegi atau MAN 1 Malang ini berdiri sejak 23 tahun yang lalu. MAN Gondanglegi tepatnya terletak di Jl. Putat Lor Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang  yang bertetanggaan dengan MTS Al- Hamidiyah dan Institut Al-Qolam. MAN Gondanglegi memiliki beberapa program pembelajaran yakni IPA, IPS, Bahasa dan Agama dan kini MAN Gondanglegi berkembang menjadi sekolah besar pilihan utama para siswa, dibuktikan dengan jumlah pendaftar yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Madrasah Aliyah Negeri yang menyandang akreditas A ini juga mengadopsi sistem pembelajaran SKS (Sistem Kredit Semester) yakni bentuk penyelenggaraan pendidikan yang peserta didiknya menyepakati jumlah beban belajar yang diikuti dan/atau strategi belajar setiap semester pada satuan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan/kecepatan belajarnya dan dimana siswa yang berpotensi dalam bidang akademik ini dapat menyelesaikan studinya lebih singkat yakni 2 tahun.

Pada Semester 6 ini lebih tepatnya sebelum memasuki semester 7, mahasiswa Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan program Praktik Kerja Lapangan (PKL). Apa sh itu PKL? Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah  sebuah ajang bagi mahasiswa/i untuk menerapkan teori-teori yang diterima saat proses pembelajaran di bangku kuliah kedalam dunia kerja yang sebenarnya. Berbeda dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN), KKN bukan hanya sebagai implementasi pelajaran yang didapatkan dalam bangku kuliah, akan tetapi pengalaman langsung menjadi bagian dalam masyarakat. Selain itu, KKN mencetak sosok pemimpin, sedangkan PKL mencetak pekerja di bidangnya atau ilmu yang ditekuni masa kuliah.

Pada tanggal 11 Juli 2022, kami mahasiswa Fakultas Humaniora yang terdiri dari 2 tim yakni 7 mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan 4 mahasiswa dari Sastra Inggris (Sasing) melakukan pembukaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bidang pengajaran di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Gondanglegi yang terletak di Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang yang mana sebelumnya kami udah melakukan dan mendapatkan perizinan dari pihak MAN Gondanglegi tersebut. Pembukaan dilakukan secara offline yang dihadiri Kepala Sekolah MAN Gondanglegi atau MAN 1 Malang , Wakil Kepala Sekolah , Guru Pamong, Karyawan Sekolah dan peserta PKL MAN Gondanglegi. Pembukaan terlaksana secara teratur dan hikmat.

Setelah melakukan pembukaan pada tanggal 11 Juli 2022, kami datang kembali ke MAN Gondanglegi pada tanggal 13 Juli 2022 untuk menemui guru pamong masing-masing untuk mendiskusikan pembagian kelas, penjadwalan mengajar, metode pembelajaran dan melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Selain itu, kami juga melakukan pembagian piket yang terbagi di 3 tempat yakni piket tata tertib (tatib), piket guru, dan piket perpustakaan.

Pada tanggal 13 Juli 2022, saya bersama Usman yang merupakan salah satu teman tim PKL dari jurusan BSA pergi  menemui guru pamong yang benama Ustadzah Muyassaroh. Kami melakukan diskusi dengan beliau terkait pembagian jadwal, pembagian kelas, metode pembelajaran, media pembelajaran dan arsip-arsip pengajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus dan lain sebagainya. Kami mendapatkan praktik mengajar di kelas XI program IPA dan IPS. Saya ditempatkan di  kelas XI Pogram IPA yang meliputi XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4 sedangkan Usman ditempatkan di kelas XI program IPS yang meliputi XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Pada hari itu juga, saya melakukan perkenalan dengan adik-adik kelas XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Proses perkenalan pun terlaksana dengan santai dan asyik yang saya sengaja untuk membuat mereka merasa nyaman, tidak tegang, tidak kaget dan menerima saya di kelas-kelas tersebut. Jadi, pada pertemuan pertama ini kami melakukan kegiatan full perkenalan di setiap kelas yang saya ampu. Pada pertemuan selanjutnya, saya melakukan KBM normal seperti biasanya hingga hari terakhir PKL.

Peran “Uswatun Hasanah” dalam pendidikan sebagaimana judul yang saya cantumkan yang mana guru harus menjadi tauladan bagi siswanya. Guru sebagai pendidik, peran utama mereka adalah mengajar, dan seorang guru harus memiliki sifat-sifat kepribadian yang berbudi luhur yang sangat mempengaruhi keberhasilan pengembangan sumber daya manusia. Kepribadian guru yang kuat akan menjadi contoh atau contoh yang baik bagi siswa dan masyarakat MAN Gondanglegi, sehingga guru tampil sebagai sosok yang dipatuhi (ditaati melalui nasehat/perkataan/perintahnya) dan diteladani (diwakili melalui sikap dan perilakunya). Kepribadian guru merupakan faktor terpenting dalam keberhasilan siswa.

Adapun beberapa masalah yang dilakukan oleh sedikit siswa maupun siswi di MAN Gondanglegi dan pastinya di sekolah lainnya juga seperti terlambat masuk sekolah, pakaian tidak rapi, penampilan tidak rapi dan disinilah harus diterapkan peran guru sebagai uswatun hasanah , sebagai teladan yang baik bagi siswa maupun siswinya. Guru tidak hanya melakukan pengajaran akademik saja akan tetapi guru harus melakukan pembinaan moral terhadap siswa maupun siswinya. Dalam meningkatkan moralitas siswa, kapasitas sebagai pendidik adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap guru dan hal tersebut yang akan menjadikan dirinya sebagai teladan bagi para peserta didik dan masyarakat sekolah. Misalnya, kepribadian dan apa yang dilakukan guru secara alami akan menarik perhatian siswa dan orang-orang di sekitarnya yang menganggap atau menghargai mereka sebagai seorang guru.

Untuk menangani permasalahan tersebut, maka para guru bisa menunjukkan contoh yang baik dengan datang lebih awal, berpakaian rapi, berpenampilan rapi dan berakhlaqul karimah. Dan apa yang dilakukan guru di MAN Gondanglegi sudah memberikan contoh terhadap siswanya dengan sikap disiplin mereka yang berpenampilan rapi, berpakaian rapi, datang lebih pagi dari siswanya, disetiap pagi melakukan piket untuk memberi salam kepada siswa yang telah datang dengan ramah sehingga siswa merekam apa yang dilakukan guru dan mempraktekkannya.

 

 

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar