Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

BBM Naik, wajarkah?


BBM Naik, wajarkah?

Oleh: Rafi’ Alra

Tahun 2022 pandemi covid’19 di Indonesia sudah mengalami penurunan yang sangat signifikan. Masyarakat sudah dibolehkan untuk berkumpul meskipun di ruangan tertutup dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Perekonomian masyarakat mulai membaik dan ini merupakan titik bangkit masyarakat Indonesia setelah dua tahun terakhir terdampak pandemi covid’19. Akan tetapi baru-baru ini tepatnya pada awal bulan September, rakyat Indonesia dihebohkan dengan kenaikan harga BBM subsidi yaitu Pertalite dan Solar. Kenaikan harga yang mendadak sontak membuat rakyat Indonesia heboh. Pasalnya kenaikan harga ini ketika perekonomian rakyat belum pulih total pasca pandemi dua tahun belakangan ini.

Lalu apakah kenaikan harga BBM subsidi sudah merupakan pilihan yang tepat bagi kesejahteraan rakyat pada saat ini?

Dikutip dari CNBC Indonesia pada tanggal 7 September 2022, “harga minyak dunia tercatat terus melandai sejak pertengahan Agustus 2022”. Lantas mengapa BBM di Indonesia justru naik? Pada kenyataannya harga BBM tidaklah naik, hanya saja subsidinya yang dipangkas. Pemahaman inilah yang perlu ditanamkan kepada masyarakat. Pemangkasan subsidi BBM menjadi langkah pemerintah untuk mengurangi potensi membengkaknya subsidi yang dibayarkan pemerintah apabila harga dari BBM tersebut tetap ditahan.

Namun, langkah ini dinilai kurang tepat di saat rakyat baru bisa melakukan aktivitas normal setelah dipenjara pandemi covid’19 selama dua tahun belakang. Pemangkasan subsidi BMM yang lumayan tinggi, sangat mencekik bagi masyarakat dengan perekonomian pas-pasan. Jikalau salah satu alasan pemangkasan ini karena banyaknya masyarakat mampu membeli BBM subsidi, mengapa pemerintah tidak melakukan penguatan di lapangan dengan pembatasan-pembatasan pembelian BBM subsidi seperti apa yang pernah viral beberapa waktu lalu. Pembatasan pembelian BBM subsidi bisa menjadi solusi bagi pemerintah untuk tercapainya target tersalurnya BBM bersubsidi kepada orang yang tepat.


Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

1 komentar: