Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Sejuta Makna dalam Sebuah Kata “Apresiasi”


Oleh Alvian Izzul Fikri

Memuji seseorang atas kinerja mereka dalam melakukan suatu hal dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang yang dipuji. Apresiasi adalah kata sederhana akan tetapi dapat membantu seseorang untuk mencapai keinginan bila ia dapat mengolahnya dengan baik. Kata ini merupakan kata yang paling kuat untuk memotivasi seseorang. Jika seseorang mendapatkan sebuah apresiasi dari pekerjaan atau tugas tertentu, maka orang itu akan selalu memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaannya.

Apresiasi adalah motivasi, yang membawa kekuatan besar di dalamnya dan dapat mengubah pikiran negatif ke positif. Ini adalah merupakan keajaiban dari pemberian apresiasi. Jika kata ini kita berikan kepada seseorang makai ia akan bisa mengatasi permasalahan dan kesulitan dengan mudah. Banyak organisasi dan perusahaan bisa maju karena adanya budaya apresiasi. Ini adalah alasan utama dibalik kebahagiaan anggota ataupun karyawan mereka.

Jika terdapat kesulitan tugas maupun pekerjaan yang dihadapi dan anggota organisasi tidak familiar atau belum terbiasa akan hal itu, bagamana cara menyelesaikannya. Maka seorang pemimpin atau manajer akan mencoba memotivasi mereka dengan memberikan apresiasi atas usaha yang telah lalu. Maka hal ini dapat menambah kekuatan dalam diri mereka.

Setiap orang secara fitrah menginginkan untuk diberikan apresiasi atau penghargaan atas pekerjaan mereka. Jika seseorang telah menyelesaikan suatu hal pekerjaan untuk anda dan anda mengatakan terimakasih adalah hal yng lumrah. Akan tetapi jikalau kamu memberikan sebuah kata motivasi, yaitu dengan mengapresiasi mereka dengan mengucapkan kata “Kerja bagus”. “Pertahankan itu” atau “luar  biasa” sepanjang anda berterimakasih maka dilain waktu mereka akan mencoba untuk melakukan pekerjaan maupun tugas mereka dengan baik.

Memberikan apresiasi kepada seseorang adalah sebuah seni untuk mempengaruhi seseorang dan mendapatkan perhatian mereka. Tidak banyak orang mengetahui bagaimana cara menghargai atau memberikan apresiasi dengan benar. Mereka terkadang memberikan apresiasi yang kurang tepat bagi orang yang telah melakukan pekerjaan dengan hasil yang baik dan efektif. Oleh karena itu perlu belajar menghargai tugas orang lain dan mengabaikan kesalahan mereka. Jika orang yang berada Bersama kita tidak merasa nyaman dengan kita maka ada hal yang kurang dari kita, salah satunya adalah apresiasi atau penghargaan terhadap kinerja mereka. Maka sudah selayaknya kita perlu menghargai kinerja mereka dengan memberikan mereka apresiasi baik verbal maupun non-verbal.

Memberikan sebuah apresiasi bukan hanya terbatas dengan lingkup organisasi ataupun tempat kerja, akan tetapi bisa untuk dipakai dimanapun. Semisal jika temanmu mempersiapkn makanan terbaik untukmu walaupun hanya dengan budget 15.000 sekali makan untuk 14 orang maka sudah menjadi kewajiban kita untuk memberikan apresiasi dengan memberikan makanan yang terbaik ketika kita berada pada jadwa piket masak.

Mengapresiasi seseorang atas usaha mereka bukan hanya sebuah tindakan yang membuat kamu merasa malu. Akan tetapi tindakan itut akan menjadi pembuktian karakter kamu. Tindakan ini akan membatu kamu untuk mengelola dirimu agar tidak berlaku sombong. Oleh karena itu perlu bagi kita untuk menghargai seseorang sebisa mungkin. Ini adalah cara terbaik untuk membuat segalanya lebih mudah dan sederhana.

 

 










Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar