Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

9 Amalan Nisfu Sya’ban yang Diajarkan Para Salaf



Oleh: Kholidatun Nur Wahidiyah

Apa kabar? Baik yaa. Pasti temen-temen udah nggak asing lagi sama salah satu bulan Islam yaitu Sya’ban. Yuk sharing bareng!

Bulan Sya’ban termasuk salah satu bulan Islam yang diistimewakan. Di bulan ini terdapat waktu mulia dimana catatan amal tahunan manusia dilaporkan tepatnya di malam Nisfu Sya’ban (malam pertengahan bulan Sya’ban). Kemudian, di malam ini juga Allah mengampuni semua dosa-dosa hamba-Nya yang muslim selama satu tahun, terhitung sejak malam tersebut hingga malam Nisfu Sya’ban selanjutnya. Makanya kenapa malam Nisfu Sya’ban juga disebut malam penghapusan dosa (At-takfir).

Wait, ada hadits nya lhoo..

Diriwayatkan dari Abu Musa Al-Asy’ary RA. Dalam hadits ini Rosulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah akan benar-benar melihat di malam Nisfu Sya’ban, kemudian Dia mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali untuk seorang musyrik atau seorang musyahin (orang yang bermusuhan).” (HR. Ibnu Majah)

Jadi, buat temen-temen online biar waktu mulia ini nggak terlewatkan dengan sia-sia. Bukannya niat jama’ah sholat di masjid malah niat jama’ah nongki bareng temen. Bukannya ambil wudhu baca Alquran malah ambil handphone baca komen netizen kalo ThoFu putus. Adduhhh.. mending cari tau ada amalan apa aja yang bisa dilakuin pas Nisfu Sya’ban. Hehe. Pasti dalam satu kontak WhatsApp, Instragam, Facebook dll ada yang up story tentang Nisfu Sya’ban jangan cuma di scroll. Ups-,. Ini ada 9 amalan malam Nisfu Sya’ban:

1.      Menghidupkan malam Nisfu Sya’ban dengan ibadah meskipun hanya dengan melakukan sholat Isya berjamaah dan niat untuk sholat shubuh berjamaah

2.      Memperbanyak ketaatan dan sedekah

3.      Memperbanyak do’a

4.      Memperbanyak istighfar

5.      Memperbanyak tilawah Alquran

6.      Sholat tasbih 4 rakaat

7.      Membaca surat Yasin 3x

8.      Membaca do’a Nabi Yunus As sebanyak 2375X

لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين

9.      Membaca awal surat Ad-Dukhan ayat 1-8 sebanyak 30x kemudian dilanjut ayat berikutnya sampai selesai

Semoga bermanfaat 😊

Sharing di kolom komentar tentang amalan Nisfu Sya’ban kalian..atau kalau pernyataan diatas ada yang salah atau kurang mohon arahannya.

 

Seumber:

https://islam.nu.or.id/puasa/10-nama-malam-nisfu-sya-ban-p7dFG

Instragam official_ponpesalquranalfalah:

https://www.instagram.com/p/CbMSqOOr4ZJ/?utm_medium=copy_link




Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar