Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

PENTINGNYA KEHARMONISAN KELUARGA BAGI MASA DEPAN ANAK



Reza Kemal

Masalah tentang keretakan rumah tangga selalu menjadi masalah yang sangat krusial dan tak ada habis-habisnya, berbagai masalah baru muncul disebabkan oleh hal ini, mulai dari terganggunya mental anak, merasa diterlantarkan, dan masih banyak lagi. Dari persoalan ini bisa kita lihat bahwa yang paling banyak dirugikan adalah anak itu sendiri, bagaimana tidak? Bisa dibayangkan kacaunya mental seorang anak itu dan kalutnya dirinya merasa seakan-akan tak dipedulikan dan disayang, apalagi ketika hal itu terjadi pada masa kanak-kanak mereka, tentunya sedikit banyak akan meninggalkan traumatis yang cukup dalam.

Adapun beberapa dampak yang akan terjadi dari masalah ini yang pertama, bisa jadi akan timbul rasa benci dari anak kepada salah satu dari kedua orang tuanya atau bahkan dua sekaligus dan acuh terhadap arahan orang tuanya juga mulai membanding-bandingkan diri mereka dengan orang lain.Kedua adakalanya mereka menjadi agresif dan tak terkontrol dan mulai melampiaskan kekecewaannya dengan hal-hal yang tidak diharapkan seperti mengonsumsi obat-obat terlarang sehingga berdampak pada kefokusan mereka dalam belajar meskipun hal ini tidak selalu terjadi, juga hal-hal yang lainnya.

Dari sini dapat kita lihat bahwa betapa besarnya dampak-dampak negative dari persoalan ini, meskipun keduanya berkomitmen untuk tetap mencurahkan kasih sayang dan memenuhi semua kebutuhan anaknya, tetap saja itu tidak cukup, karena sejatinya yang diinginkan anak itu adalah bagaimana orang tuanya bisa menyatu kembali,setiap anak pasti memiliki ketakutan dan trauma yang berbeda-beda sesuai dengan kejadian apa yang dialami ketika itu, dan akhirnya mungkin mereka akan memiliki sebuah persepsi yang buruk tentang pernikahan juga ketakutan bagaimana jika masa lalu yang dialami orang tuannya itu terulang kembali pada dirinya.

Di sini sudah jelas bahwa keluarga punya peran penting dan sensitive bagi masa depan anak-anak, karena mereka belajar melalui apa yang mereka lihat, dan akan memiliki trauma jika terdapat hal-hal yang seharusnya tidak dilihat atau tidak layak diperlakukan bagi anak-anak.


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar