Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

MACAM-MACAM SKILL NDERES



C:\Users\WINDOWS 10\Downloads\WhatsApp Image 2021-12-20 at 10.20.47.jpeg

Muhammad Hadiyan el Ihkam


Siapa sih yang ngg tau “santri”. Pasti tau lah ya, seorang yang fokus belajar ilmu agama di lingkungan pesantren atau lebih sering dikenal dengan istilah Pondok. Kegiatan para santri di pondok, yang diketahui masyarakat awam meliputi ngaji, nderes, ngafal, ngabdi, ngopi, ngudud. Atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan mengaji, menghafal, dan mengabdi. Kalau di antara kalian ada yang ngg percaya dengan tiga kegiatan tersebut boleh lah kita adu, pondok mana yang ngg ada kegiatan mengaji dan menghafal. Kalau urusan mengabdi, kemungkinan ada pondok yang tidak mewajibkan mengabdi. Namun, umumnya para santri yang akan lulus diwajibkan untuk mengabdi.

Salah satu kegiatan pondok yang bikin pusing bahkan bikin mules adalah menghafal. Entah itu menghafal Al-Qur’an atau nadzom kitab-kitab. Bagi yang ngg tau, nadzom itu apa. Sini saya jelaskan sedikit. Singkatnya nadzom itu untaian syair arab yang ada di kitab. Taruhlah contoh nadzom kitab Alfiyah yang terkenal itu. Para santri yang keilmuwan nahwunya tingkat tinggi diwajibkan menghafal nadzom Alfiyah. Kalo klean masih ngg paham nadzom itu apa, sini dah daftar jadi santri di pondok. Dijamin nanti bakalan ngerti nadzom itu apa.

“Hafalan kan mudah, simpel, gak ribet, tinggal sering-sering dibaca aja, nanti bakalan hafal sendiri”. Eh itu siapa yang ngomong, sini-sini kita duduk sembari ngopi dulu, ngobrol pintar. Emang betul sih hafalan itu mudah, mudah pakek banget. Tapi nih ya, yang sulit itu menjaganya untuk tetap hafal sampek akhir hayat. Apalagi yang dihafal itu ayat-ayat Al-Qur’an. Ngg boleh sembarang orang ngafal dan ngg boleh sampek lupa. Tapi lupa di sini, lantaran jarang nderes. Kalo sering nderes tapi ada ayat-ayat yang ngg lancar itu wajar. Yang penting ngg sampek lupa, bener-bener lupa.

Selain fenomena hal-hal mistis, ternyata ada fenomena unik di pondok yaitu fenomena skill nderes para santri yang bisa dibilang cukup sangar. Sangarnya seperti apa, sini kumpul, duduk bersama sembari menikmati cemilan yang ada.

  1. Skill Umum

Udah tau lah ya. Seperti namanya, skill umum ini dimiliki oleh kebanyakan santri. Ke mana-mana bawa mushaf. Nderes dengan mengerahkan sekuat tenaga untuk bener-bener fokus ngafal. Ada yang nderes pakek suara yang keras, ada yang pelan. Pokoknya nderes terus supaya waktu setoran lancar. 

  1. Skill Hebat

Skill ini, satu tingkat di atas skill umum. Hampir mirip dengan skill umum tetapi berbeda. Kalo skill umum, nderesnya perlu sering-sering buka mushaf, maka santri dengan skill hebat sesekali membuka mushaf. Tapi tapi, perlu diingat, skill hebat maumpun skill umum ini tidak bisa dijadiin patokan mana santri yang alim mana yang ngg. Yang penting istiqomah nderes.

  1. Skill Multitasking

Gaya santri dengan skill ini kadang keliatan tampan, cool, keren, sangar. Mereka dengan gaya ini sering melakukan nderes ketika lagi ngapa-ngapain. Misalnya nih mereka lagi bersih-bersih kamar tidur sambil nderes dengan nada yang lirih. Kadang juga waktu disapa di jalan, mulutnya keliatan gerak-gerak nderes. Gi mana? Tertarik punya skill multitasking ini?.

  1. Skill Wali

Duh dari namanya aja udah keliatan ada karomahnya. Yang punya skill ini biasanya santri-santri pilihan. Keliatannya tiduran, males-malesan, ngg pernah nderes tapi anehnya, ketika setoran dia paling lancar. Kadang juga waktu tidur, dia kepergok nglindur dengan mulut yang lagi nderes. Waw, keren banget ngg sih. Kukira cupu ternyata suhu. Bener-bener definisi bermalas-malasan namun tetap produktif yang sesungguhnya

  1. Skill Unbelievable

Dari sekian banyak skill yang dimiliki para santri, skill ini lah yang menempati derajat tertinggi. Kalo klean sampek ketemu santri ini bisa dipastikan langsung takjub seketika. Skill wali pun kalah dengan skill ini. Santri yang tergolong skill unbelievable ini adalah santri yang rajin males-malesan, tidur mulu, mbolosan, jarang ikut kajian, dan sadar bahwa dirinya bodoh ngg punya hafalan tetapi muales banget buat nderes. Pasti klean geleng-geleng kepala ngliat model-model santri yang kek gini. Pengen dimaki tapi dia masih umatnya kanjeng Nabi Muhmmad Saw. Ya udah deh doain yuk santri model kek gini supaya mendapat hidayah.


Sumber artikel ini diperoleh dari video @huffadhkrapyak, penulis kesulitan dalam mencari link videonya


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar