Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Bulan Rajab

sumber :jatim.nu.id

AHMAD ROFIQI HASAN

Isro dan Mi’roj adalah momentum yang sangat monumental bagi umat Islam di seluruh dunia. Pasalnya momentum ini bukan hanya diperjalankannya Nabi Muhamad SAW dari Masjidil Haram ke Masjdil Aqsha namun juga ditetapkannya Shalat 5 waktu bagi Umat Islam di seluruh dunia, yang dimana jatuh pada malam 27 Rajab tahun ke-12 kenabiannya atau 8 bulan sebelumnya berhijrah ke Madinah. Bulan Rajab bukan hanya menyimpan didalamnya 1 momentum Nabi Muhamad SAW yaitu Isra dan Mi’roj namun jika kita perhatikan lebih dalam terdapat banyak makna yang terkandung didalamnya .

Bulan Rajab terdiri 3 lafadz, yaitu : Ra, Ja, Ba. Makna Ra yang berarti Rahmat Allah SWT, Makna Ja yang berarti (Jurmatul ‘Abdi) Dosa Hamba, dan Ba yang berarti (Birrulahi Ta’ala) Kebaikan Allah. Seakan-akan Allah Swt berfirman: “Hai hamba-Ku, Aku jadikan dosa dan kesalahanmu berada di antara rahmat dan kebajikan-Ku. Maka tidak ada lagi dosa atau kesalahan bagimu, berkat kehormatan bulan Rajab. (Majalisul Anwar). 

Disebut Rajab, karena bangsa Arab telah memuliakannya dan mengagungkan bulan tersebut. Bukti bahwa orang Arab memuliakannya adalah bahwa para juru kunci Ka’bah selalu membuka pintu Ka’bah selama pada bulan Rajab. Sedang dalam bulan-bulan yang lain, mereka hanya membukanya pada hari Senin dan Kamis. Mereka berkata: “Bulan ini adalah bulan Allah, rumah ini juga rumah Allah dan hamba adalah juga hamba Allah. Karena itu, janganlah menghalangi hamba Allah masuk rumah Allah dan bulan Allah.”. Begitu pula senada dengan hadist Nabi Muhamad SAW : 

إِنَّ رَجَبَ شَهْرُ اللهِ وَ شَعْبَانَ شهْرِيْ وَرَمَضَانَ شَهْر أُمَّتِىْ (الحديىث)

Artinya : Sesungguhnya Bulan Rajab adalah Bulannya Allah dan Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan umatku. (Al-Hadist)

Dari uraian diatas,  membuktikan bahwasannya Bulan Rajab bukan hanya terjadinya peristiwa Isra Dan Mi’roj namun juga terkandung didalamnya fadhail dan sanjungan Allah bagi hambanya yang memuliakannya.

اللهمّ بارك لنا فى رجب و شعبان و بلّغنا رمضان


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar