Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Bagaimana Tips Untuk Suka Membaca Bagi Pemula?


Oleh : Raihan Ammar Syafril R.

                Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu cara untuk membuka jendela tersebut agar kita bisa mengetahui lebih tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya. Kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja, anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang-orang yang telah berusia lanjut.

Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, dengan membaca, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita.

            Tanpa kita sadari, manfaat membaca buku dapat memberikan banyak inspirasi bagi kita. Namun sayangnya minat untuk membaca di negara kita sangatlah rendah, yakni dengan presentase hanya sekitar 0,001%. Itu artinya, dari 1.000 orang Indonesia, hanya 1 orang yang suka membaca.

Nah, dalam artikel ini akan diberikan beberapa tips dan trik untuk gemar dan suka membaca buku. Berikut langkah-langkahnya:

1. Mulai membiasakan diri untuk membaca               

            Langkah awal untuk memulai ialah dengan membiasakan diri untuk membaca, apapun bacaannya. Kebiasaan membaca dapat dimulai dari sesuatu yang kecil tidak harus langsung membaca buku. Dapat dengan hanya sekedar baca berita, baca blog, baca tulisan orang lain, baca caption dan lain sebagainya tidak harus dengan membaca buku yang berat. Kemudian berlanjut membiasakan diri untuk membaca setiap hari, tidak perlu langsung membaca banyak untuk menumbuhkan minat baca yang penting adalah istiqomah dalam membaca.

2. Membaca topik yang disukai

            Salah satu kesalahan bagi pemula adalah mereka membaca bukan pada tema yang mereka sukai. Untuk menumbuhkan minat baca pada pemula ialah dengan diawali dengan membaca buku yang disukai. Pilihlah buku-buku yang isinya Anda sukai. Dengan begitu, ada ketertarikan dalam diri untuk menyelesaikan membaca buku itu, meskipun mungkin akan membutuhkan waktu sampai berhari-hari. Dan pada akhirnya dengan terbiasa membaca buku yang disukai dapat memnamkan sikap senang membaca buku pada diri kita.

3. Buat jadwal membaca

            Ketika kita sudah merasa nyaman dengan membaca, buatlah jadwal per hari harus berapa bacaan yang dibaca. Mulailah di pagi hari sambil menunggu waktu masuk kerja/kuliah. Kita bisa juga membaca topik yang berhubungan dengan motivasi karena hal itu dapat memacu semangat dalam menjalani aktivitas.

4. Cari teman yang suka membaca

            Mempunyai teman yang sehobi dengan kita, apalagi dia sudah punya pengalaman dalam membaca, dapat membuat kita terus termotivasi. Kita akan dapat banyak masukan untuk terus berkembang. Jika teman yang sehobi sudah mulai banyak, buatlah forum diskusi. Itu akan seru, karena akan mendapat ilmu, mendapat teman baru, dan tentunya pengalaman baru.

5. Ikuti perlombaan

            Pernah baca di internet tentang lomba membuat puisi/cerpen atau tentang job menulis artikel? Inilah salah satu event di mana kita bisa unjuk skill kemampuan membaca. Di sini kita akan tertantang untuk terus mencari ilmu dan akan berupaya untuk membaca lebih banyak. Kan lumayan jika tulisan kita dapat juara atau menjadi sumber penghasilan, hitung-hitung buat menambah uang jajan.

            Merasa bosan pasti ada, namun konsisten untuk memulai hal baik, itu yang susah. Membaca memiliki banyak manfaat. Anggap saja ikut mencerdaskan bangsa. Jangan malu jika ada teman yang bilang kita kutu buku. Buktikan bahwa kita adalah orang yang punya wawasan luas.

Nah, itu beberapa tips & trik buat bagi pemula agar gemar membaca. Semoga bermanfaat!

            



Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar