Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

RINGKASAN JURNAL “PERAN KEPEMIMPINAN KIAI DI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0” PENULIS: ASNAWAN DAN SULAIMAN.

http://3.bp.blogspot.com/-aYYQYa74clo/VqraBo3OkUI/AAAAAAAABzI/xJ5MPyj_5U8/s1600/Misi%2Bdan%2BTujuan%2BPondok%2BPesantren%2BDalam%2BDunia%2BIslam.jpg


Oleh: Fitriatul Wilianti

Secara umum Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang bernafaskan Islam, untuk memahami, menghayati, mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan moral Agama pedoman hidup bermasyarakat. Yang didalamnya mengandung beberapa elemen yang tidak dapat dipisahkan.  Yaitu diantaranya terdapat masjid sebagai sarana peribadatan sekaligus berfungsi sebagai tempat pendidikan para santri dan asrama sebagai tempat tinggal, Kitab-kitab kuning sebagai pedoman pembelajaran agama, serta kyai sebagai pengasuh sekaligus pendidik, penggerak pesantren, figur utama dan teladan. Oleh karena itu peran pesantren bagi masyarakat dan negara sangat penting, karena mampu menggerakkan perkembangan dilingkungan masyarakat dan negara.

Sayangnya elemen-elemen tersebut tidak mampu  menjawab persoalan-persoalan teknologi  serta tantangan-tantangan yang terjadi di era 4.0 ini. Masa sekarang, umumnya lingkungan kehidupan masyarakat sudah berkembang karena adanya teknologi yang mampu merubah cara hidup manusia baik dalam style dan ataupun pola hidup mereka. Sehingga pesantren juga harus mampu beradaptasi dengan dunia digital, dunia dimana manusia diidentikkan dengan teknologi informasi.

Merespon tantangan diatas, pesantren harus melakukan evaluasi dan juga pengembangan yang secara implisit dapat mengakomodir harapan masyarakat di era 4.0 ini. Ambisi masyarakat terhadap putra-putrinya adalah selain putra putrinya mempunyai moral yang baik serta personaliti dan etika yang baik, Pesantren juga diharapkan mampu mengikuti perkembangan teknologi dan dunia di era 4.0 dengan tetap menjalankan peran mereka dalam transmisi ilmu pengetauan, menjaga tradisi dan juga mencetak calon-calon ulama dunia. Selain itu pesantren juga harus mampu membekali ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan minat serta bakat santrinya. Agar santri juga mempunyai keahlian dalam bidang teknologi dan sains, yang saat ini menjadi karakter dan ciri perkembangan teknologi.

Jadi, pesantren saat ini harus dapat menghadapi tantangan global yaitu dengan menghadirkan program-program yang realistis bagi kehidupan masyarakat dan pendidikan. Ada beberapa prinsip strategis dalam mengembangkan pendidikan pesantren, antara lain; pertama, pesantren harus lebih serius dalam berorientasi untuk pengembangan sumber daya manusia,

sehingga pesantren berfungsi sebagai anticipatory learning institution dengan ketersediaan sumberdaya manusia yang tangguh, manusia yang unggul dan utuh, agar mereka bisa menjadi generasi Bangsa yang cerdas, disiplin, jujur, tekun, ulet dan juga inovatif. Kedua pesantren harus mengarahkan perkembangannya dalam wujud pendidikan yang multikulturalisme. Karena bangsa Indonesia adalah Bangsa yang majemuk, maka pesantren bisa mengemas sistem pendidikannya dalam watak multikultural yaitu pendidikan yang ramah dengan sesama dalam perbedaan budaya, sosial dan juga agama.

Dengan itu, pendidikan pesantren tidak lagi hanya sebagai Tafaqquh fiddien (memahami, menghayati, mengamalkan ajaran Islam) atau tidak hanya sebagai lembaga yang menekankan moral Agama saja, akan tetapi pesantren dapat menjadi lembaga pendidikan yang berkembang dan mampu mengikuti tren di era 4.0 ini, sehingga melahirkan santri-santri yang tidak hanya sebagai ulama tetapi juga sebagai ilmuwan-ilmuwan yang mengerti segala perkembangan teknologi yang ada di dunia dan era 4.0.

Sumber Rujukan: Asnawan dan Sulaiman. (2020) “Peran Kepemimpinan Kiai Di Pendidikan Pesantren Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Dalam Jurnal Falasifa, Vol. 11 Nomor 1.

 



Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar