Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

TRY TO DO SOME EXERCISES REGULARLY WITH MY FRIENDS

Oleh : Hilwah Tsaniyah

Akhir-akhir ini aku dan beberapa teman sedang mencoba rutin olahraga pagi sebelum perkuliahan di mulai. Berawal dari keinginan dan niat yang begitu kuat agar tidak kembali ke kasur setelah sholat subuh. Karena saat memilih untuk pergi merantau yang jauh dari keluarga terutama orang tua, tidak ada orang lain selain diri sendiri yang dapat “memotivasi”. Namun beruntung jika dapat memilih dan dikelilingi oleh teman-teman yang memiliki positive vibes. Yana dan Mimi adalah salah dua orang teman yang memiliki vibes itu.

Mereka berdua adalah orang pertama yang tak sengaja melihat lapangan di salah satu perumahan mewah dekat kos-kosan yang kami tinggali bersama. Biasanya mereka berangkat olahraga jam 6.30 atau paling telat jam 7. Hari-hari berikutnya mereka mencoba mengajak aku dan ketiga temanku yang lainnya agar mau ikut olahraga. Namun percobaan pertama mereka mengajak aku, Dina, Riri, dan Zia tidak membuahkan hasil. Kami masih belum tertarik untuk berolahraga (padahal males hehe).

Setelah beberapa hari Yana dan Mimi rutin pergi ke lapangan itu aku pun menjadi tertarik untuk ikut (mungkin besok atau besok lusa hehe). Yana, yang tak pernah lupa untuk memposting story di akun instagramnya, memperlihatkan sekeliling lapangan basket yang dikelilingi jaring itu letaknya berada di paling ujung perumahan. Salah satu sisinya berdampingan langsung dengan sawah dan sisi lainnya berdampingan dengan lapangan kecil melingkar yang dikelilingi tempat duduk untuk pertunjukan mini. Di samping itu juga terdapat taman yang sejuk. Tumbuh pohon-pohon rindang dan tempat duduk yang nyaman.

Waktu hari pertama berolahraga, mereka mengeluh badannya sakit-sakit. Bagaimana tidak? Mereka tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu dan langsung berlari kecil mengelilingi lapangan. Padahal mengutip laman Halodoc, pemanasan yang dilakukan sebelum melakukan olahraga itu sangat penting. Karena tubuh perlu menyesuaikan diri sebelum melakukan aktivitas yang lebih berat dari biasanya. Adapun tujuan utamanya agar tubuh tidak  kaget saat melakukan aktivitas yang berat dan tidak merasakan badan menjadi sakit-sakit setelahnya.

Berikut manfaat melakukan pemanasan sebelum olahraga menurut laman Halodoc. Pertama dapat mencegah cedera, melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan tulang dan persendian, mengurangi asam laktat pada tubuh, juga dapat meningkatkan mental dan fisik. Maka agar tidak mengakibatkan risiko ringan maupun serius pada tubuh, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga untuk mencegah cedera dan hal yang tidak diinginkan lainnya.

Sebelum akhirnya membulatkan niat untuk ikut berolahraga bersama mereka berdua, aku, Dina, Riri, dan Zia membeli peralatan olahraga seperti raket, bola basket, dan jump rope atau biasa yang kita kenal tali skippt untuk lompat tali. Hari pertama olahraga yang cukup mengesankan dan memuaskan karena tak hanya berlari mengelilingi lapangan yang dilakukan oleh Yana dan Mimi, kami bisa secara bergantian bermain badminton, bola baksket, dan lompat tali. Tak lupa melakukan pemanasan bersama-sama yang di pimpin oleh Mimi sebelum olaharaga.

 Sebelum memasuki masa-masa perkuliahan, kami menjadwalkan olahraga setiap 2 hari sekali secara rutin dengan pergi bersamaan atau menyusul jika sempat. Karena minggu ini sudah masuk kuliah, kami putuskan untuk olahraga waktu sore hari. Berbeda saat hari libur, seperti Sabtu dan Minggu kami akan melakukan olahraga di pagi hari.

Untuk itu tidak ada kata terlambat untuk berolahraga. Siapapun kamu, berapapun usiamu, dan bagaimanapun kondisimu, berolahraga dan melakukan aktivitas secara rutin sangatlah penting untuk tubuh kita sendiri. Disamping itu juga banyak manfaatnya untuk tubuh (fisik) dan mental, seperti yang tertera di alaman alodokter.

Manfaat untuk kesehatan fisik seperti dapat mencegah penyakit jantung dan stroke, mengendalikan kadar gula, menjaga tekanan darah tetap stabil, mencegah dab meringankan nyeri punggung, menjaga berat badan, menjaga tubuh tetap bugar dan kuat saat lanjut usia serta mengurangi risiko terjadinya osteoporosis. Adapun kesehetan mental yang didapat seperti memperbaiki suasana hatri, menumbuhkan rasa percaya diri, mengatasi stress, dan tidur lebih nyenyak.

Yuk olaharga! karena sudah tidak ada lagi alasan untuk malas berlolahraga setelah mengetahui begitu banyak manfaatnya bukan?.



Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar