Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

RAHASIA MEMIMPIN TANPA KEKUASAAN




Oleh : Erwin

 

Judul               : The Leader In You ; Rahasia Memimpin Tanpa Kekuasaan Untuk  

                          Menuju Puncak Kekuasaan Anda!

Penulis             : Berny Gomulya

Harga             :  Rp. 63.800

Tebal               : XX + 213 halaman

Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama

ISBN               : 9786020309095

Tahun Terbit    : 2014

Sinopsis The Leader In You ; Rahasia Memimpin Tanpa Kekuasaan Untuk Menuju Puncak Kekuasaan Anda

           Andai hanya boleh membeli satu buku di tahun ini, buku inilah pilihan saya. Bernas, berkualitas, dan berwawasan luas, Itulah yang dikatan oleh Jansin H. Sinamo Guru Etos Indonesia setelah membaca buku ini. Yaps, buku ini merupkan karangan seseorang yang ingin menjadi manusia yang memberikan nilai tambah  dalam hidupnya. Beliau kemudian mewujutkan keinginan tersebut dengan menjadi seorang training dan konsultasi di beberapa perusahaan dalam dan luar negeri. Kegiatan tersebut dilakukannya beberapa tahun karena selalu mendapat tanggapan positif dari perusahaan-perusahaan tersebut karena ide-idenya yang brilian hingga kemudian seseorang bertanya “Mengapa Bapak tidak menuliskan ide-ide bapak dalam sebuah buku sehingga dalam sebuah buku sehingga lebih banyak orang yang bisa menikmti ide-ide anda?.” Sejak kejadian itu Berny menulis ide-idenya di blog dan beberapa artikel di Web hingga buku tentang kepemimpinan yang luar biasa ini  ini diterbitkan.

Buku ini membahas mengenai bagaimana menggali potensi kepemimpinan yang tersembunyi jauh didalam diri kita, sebagaimana penulis yakni Berny mencantumkan pandanganya bahwa “Banyak yang berkata bahwa seorang pemimpin dibentuk, bukan dilahirkan maka saya mengatakan. Dalam hal ini saya memiliki pendapat yang berbeda. Menurut saya semua pemimpin dilahirkan. Kita semua secaara alamiah dilahirkan sebagai seorang pemimpin. Kita semua adalah pemimpin! Namun, hanya orang yang melatihnyalah yang akan menjadi pemimpin Efektif.”  Kata-katanya tersebut menjadi pengangan penulis untuk meneruskan bukunya sampai selesai dengan tujuan mulia agar ide-idenya mampu menjangkau lebih banyak masyarakat indonesia dan dengan harapan potensi kepemimpinan masyarakat umum yang selama ini tersembunyi akan termotivasi untuk memancarkan potensinya.

Selain cocok bagi masyarakat pada umunya diberbagai usia buku ini juga  sangat cocok bagi masyarkat Indonesia yang mayoritas Islam dalam mendalami ilmu  kepemimpinan karena pemikiran penulis sejalan dengan hadist nabi ratusan tahun yang lalu yaitu dari ibnu Umar RA dari Nabi SAW bersabda “setiap orang adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban. Seorang kepala negara adalah pemimpin bagi rakyat yang dipinpin. Seorang suami adalah pemimpin atas anggota keluarganya dan akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya. Seorang istri adalah pemimpin atas rumah tangga dan anak-anaknya dan akan ditanyai pertanggung jawabannya. Seorang pembantu rumah tangga adalah bertugas memelihara barang  milik majikannya dan akan ditanya atas pertanggung jawabannya. Dan kalian semua adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawabannya”.

            Selanjutnya penulis menawarkan dalam buku ini konsep The 14P Diamond Leadership yang terdiri dari 5 bagian besar. Bagian pertama mengenai makna dari kepemimpinan itu sendiri yang ternya adalah influence (pengaruh), bukan jabatan, posisi, jabatan, kedudukan ataupun pangkat. Pada bagian ini penulis mencantukan contoh nyata bagaimana pengaruh seorang mohammad yunus dalam memberantas kemiskinan dinegerinya.

            Bagian kedua mengenai purpose(tujuan), karena seorang pemimpin yang baik pasti memiliki tujuan. Tujuan adalah impian pemimpin kedepanya. Pada bagian ini dipaparkan bagaimana pemimpin membawa yang dipimpinnya sebagai panggilan hidupnya. Contoh yang dicamtumkan pada bagian ini adalah engenai kekuatan tujuan yang ditunjukkkan oleh Mark Zuckerberg dalam menghubungkan orang-orang dengan Facebook.

            Bagian ketiga adalah Positive Thinking and Attitude (pikiran dan sikap positif). Pikiran sangat memengaruhi sikap sehingga pola pikir harus dimenangkan terlebih dahulu sebelum mengubaah sikap. Bahian ini dijelaskan bagaimmana memenangkan pikiran serta bagaimana menyikapi berbagai situasi. Adapun tokoh yang dicontohkan dalam bab ini adalah Stave Jobs, dalam kiat berfikir dan bersikap benar yang mengubah hidup dan menjadi kunci kesuksesan Apple iPhone.

            Bagian keempat Poeple (orang). Sebagai aset yang paling berharga dalam kepemimpinan. Pemimpin tidak ada gunanya tanpa adanya orang yang dipimpin. Disini dijelaskan bahwa keberhasilan seorang pemimpin bukan anya dilihat dari keberhasilan pencapaian-pencapaiannya, tetapi mencakup juga seberapa besar ia menyentuh hidup orang lain. Pada bagian ini peulis mencantumkan contoh dari kalangan pejabat besar yang sangat terbuka kepada rakyatnya Brack Obama yang keudian dianggap sebagai presiden terbaik Amerika Serikat.

            Bagian terakhir, bagian kelima, menjelaskan tentang performance (kinerja). Tidak ada pengaruh tanpa kinerja, orang tidak akan mengikuti jika pemimpin tidak punya kinerja, dan tujuanpun hanya akan menjadi angan-angan tanpa tindakan. Penulis memaparkan kiat-kiat pemimpin efektif dan disertai contoh Kepemimpinan Bill Gates, terus belajar dan meningkatkan kinerja.

 Kelebihan  Buku

            Dari segi sampul, desain dan warna sangat bagus, warnanya yang hitam pekat dengan tulisan warna emas disertai putih seolah-olah menunjukkan kelasnya. Isi buku sendiri sangat praktis karena banyaknya skenaroa perumpamaan yang dibuat penulis sehingga pembaca bisa lebih paham apa yang menjadi inti materi, bahkan disertai kisah nyata tentang bagaiman pemimpin sukses dalam memakai trik tersebut.

Kekurangan

            Beberapa  kata-kata asing yang tidak disertai terjemahan sehingga orang yang dapat memahaminya terbatas.

 


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar