Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

MEMBELA MAHASISWA YG SERING OFF CAM KETIKA KULIAH BERLANGSUNG


Oleh: Muhammad Hadiyan el Ihkam

Sudah menjadi sebuah kewajiban, seorang mahasiswa hadir dalam perkuliahan. Ketika perkuliahan tatap muka, mereka harus hadir di dalam kelas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh fakultas. Begitu juga di era pandemi sekarang, perkuliahan dilakukan secara online melalui grup WhatsApp atau video conference. Sejak pandemi melanda, banyak video converence yg dikenal para mahasiswa di antaranya Zoom Cloud Meetings, Google Meet, Microsoft Teams, Skype, Cisco Webex, dan Jitsi meet. Pasti Anda hanya familiar dg video converence zoom dan google meet. -saya juga sih- . Xixixi...
Dosen sering kali meminta para mahasiswanya untuk on cam atau mengaktifkaan camera pada smartphone ataupun laptop yang digunakan. Bisa tebak, untuk mahasiswa yang rajin dan berambisi mendapat nilai yang bagus akan mengindahkan setiap perintah dosen, termasuk on cam tersebut. Namun sebagian mahasiswa lain, justru akan tetap teguh pada pendiriannya mematikan camera ketika kuliah sedang berlangsung. Awalnya saya merasa benci tindakan mahasiswa yang off cam ketika kuliah. Tetapi, saya kepo dan memutuskan untuk bertanya kepada teman-teman yang sering melakukan off cam, saya menemukan beberapa alasan yang dapat dibenarkan. Alasan-alasan mereka antara lain:

1. Sinyal jaringan lemah
Sudah menjadi permasalahan di negara ini. Ketika pembelajaran jarak jauh (kuliah) diterapkan maka permasalahan mendasara adalah adanya akses jaringan internet yang tidak merata. Bagi mahasiswa yang tinggal di dekat dengan pegunungan maupun bukit, mereka akan kesulitan dalam mencari akses internet. Tak jarang juga mereka menempuh beberapa kilometer atau mendaki hingga ke atas bukit demi bisa bergabung perkuliahan online yang kadang dosennya tidak pengertian dengan keadaan mahasiswanya. 
Untuk mengakali adanya jaringan yang lemah, maka akses aplikasi yang ada di smartphone maupun laptop harus dibatasi. Salah satu caranya adalah dengan off cam. Silakan bagi kalian yang tidak percaya dengan cara itu. Tetapi saya sendiri pernah mengalami sinyal internet yang lemah dan saya mematikan camera demi tetap bisa mendengarkan penjelasan dosen melalui video conference.

2. Ke kamar mandi
Perkuliahan yang dilakukan secara online ternyata membawa berkah bagi kita semua. Contoh berkah yang saya maksud adalah ketika kita ada panggilan alam untuk segera memasuki ruangan rahasia atau biasa dikenal dengan nama kamar mandi, maka kita bisa dengan mudahkan mematikan kamera dan segera meluncur ke kamar mandi. Kalau camera tetap nyala, dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka lebih baik dimatikan. Karena, saya punya pengalaman. Kebetulan saya tinggal di pondok. Nah, ketika aku kuliah dan mengaktifkan kamera tanpa disadari ada temenku yang lain lewat belakangku memakai celana pendek. Sontak aku kaget dan berharap semoga tidak ada yang menyadari kejadian tadi.

3. Sakit
Sakit yang dimaksud di sini adalah sakit yang tidak memungkinkan untuk on cam. Contohnya seperti opname di rumah sakit tapi orangnya semangat untuk mengikuti kuliah. Biasanya dosen akan mengizinkan mahasiswanya yang opname untuk off cam. Masak iya sakit parah masih tetap diwajibkan on cam. Tapi sakit di sini jangan dijadikan alasan tiap hari untuk on cam. Masak iya sakit gatal-gatal, sakit perut karena belum makan, sakit mikirin skripsi tapi off cam?

4. Kamera rusak
Alasan utama yang sering digunakan sebagian mahasiswa adalah kamera laptop maupun smartphonenya rusak. Bisa diterima sih alasan ini. Mau gimana lagi. Kamera rusak tapi masih disuruh on cam kan aneh. Setelah dipikir-pikir bisa juga ya, sengaja menggunakan kamera yang rusak supaya dibolehin untuk off cam. Boleh lah ya pan kapan dicoba. Wkwkwk…

5. Ngantuk berat
Sekuat-kuatnya orang kuat ketika kantuk sudah melanda dengan begitu hebatnya maka ia akan tumbang juga (tidur). Begitu juga mahasiswa. Ada mahasiswa yang begadang demi menyelesaikan tugas perkuliahan supaya tepat waktu. Tapi kalo aku sendiri pernah, malamnya ngg bisa tidur. Al hasil aku tidur malem menjelang pagi dini hari. Nah, ketika besoknya ada jadwal kuliah via zoom, aku ngantuk berat. Aku memutuskan untuk off cam daripada aku tidur ketahuan dosen dan temen-temen sekelas.
Alasan-alasan di atas merupakan hasil dugaan saya ketika melihat teman-teman yang off cam ketika kuliah sedang berlangsung. Namun yang harus digarisbawahi adalah sudah menjadi kewajiban kita sebagai mahasiswa untuk memuliakan dosen dengan cara mendengarkan penjelasan dan antusias dalam mengikuti perkuliahan beliau.


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar