Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Affiliate Marketing: The Most Interesting Skill of Digital Marketing in The New Era

Sumber : https://storyset.com/illustration/site-stats/amico


Oleh : Arfiatul Aliyah

Berawal dari pertanyaan “Main HP terus, dapet apa dari HP? , dapat duit gak dari HP?” Sebuah pertanyaan toxic yang muncul dari salah satu orang terdekat. Sampai pada saatnya diperkenalkan dengan Affiliate Marketing dari salah satu Influencer muda Wirda Mansur pendiri MAB (Millenial Anti Bokek). Kemudian Mengenal Affiliate Marketing lain dari salah satu situs komersial yang saat ini sangat digemari para konsumen di Indonesia. Sebagai pemuda yang sudah menginjak usia 20an tentu ingin mengurangi beban dari orang tua dan mencari peruntungan sendiri, akan tetapi disisi lain masih belum ada pengalaman dalam dunia kerja. Namun di era 5.0 society ini, dimana teknologi menjadi bagian dari manusia tentu kita sebagai pemuda harus melek dalam dunia teknologi dan informasi. 

Sebenarnya apa sih Affiliate Marketing itu? mungkin Sebagian dari teman-teman ada yang sudah tahu apa itu Affiliate Marketing atau mungkin dari Sebagian teman-teman masih ada yang awam dengan Affiliate Marketing ini. Jadi, Affiliate Marketing merupakan salah satu program yang paling efisien untuk memperoleh penghasilan yang cukup besar via internet dengan waktu yang lumayan singkat dan hasil yang cukup besar. Marketing ini adalah sebuah sistem bisnis yang memberi imbalan akan jasa seseorang yang berhasil memperdagangkan produk dengan cara memasarkannya secara online via internet. Di sistem marketing ini kita adalah orang yang tidak memiliki produk untuk dijual tapi bisa memasarkan produk orang lain (seller). Tentunya hal ini bukan hanya cuma-cuma, kita bisa mendapatkan komisi dari penjualan yang telah kita lakukan. 

Cara kerja dari Affiliate Marketing ini juga cukup mudah, pertamanya kita hanya perlu mendaftarkan biodata diri ke salah satu perusahaan yang memiliki sistem Affiliate Marketing dengan mengikuti rules pendaftarannya. Kemudian lanjut pada tahap diterima atau tidaknya, jika diterima tentunya akan mendapatkan link Afiliasi. Lalu Step yang harus dilakukan selanjutnya yaitu dengan memasarkan atau mempromosikan link tersebut ke berbagai sosial media kita. Jika ada yang meng-klik tautan atau link yang kita bagikan tadi dan menyelesaikan pembelian maka kita akan memperoleh komisi. Besarnya Komisi dari Affiliate Marketing ini didasarkan pada produk yang dijual, apabila harga produk itu semakin mahal maka komisi yang akan diperoleh juga semakin banyak, begitupun sebaliknya. 

Setiap program tertentu tentunya memiliki kelebihan ataupun kekurangan tersendiri, begitupun Affiliate Marketing. Kelebihan dari Affiliate Marketing ini adalah bisa join (bergabung) tanpa menggunakan modal atau modal 0, bisa mendapat keuntungan yang cukup besar, bisa kerja dimana saja dan kapan pun, banyak produk yang bisa ditawarkan. Sedangkan Kekurangan dari Affiliate Marketing ini adalah penghasilan (komisi) tidak tetap, memerlukan kesabaran ekstra, berkompetisi dengan affiliate marketer lain, memilih produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. 

Tips & Trik menjadi seorang Affiliate Marketer pemula tentunya harus melewati berbagai pengalaman, agar berhasil dalam dunia Affiliate Marketing. Diantaranya dengan mempelajari informasi sebuah produk yang akan dipublish atau dipasarkan, cari produk-produk yang sedang viral atau banyak diminati pasar, membuat website, share pengalaman pribadi ketika mencoba produk yang akan di publish / share. 

Penghasilan Affiliate Marketing cukup membantu bagi para pelajar yang ingin membantu meringankan beban orang tua. seorang pelajar yang ingin menghasilkan penghasilan sendiri pun tentunya harus bisa membagi waktu dengan baik dan harus seimbang.  Jadi, bagi teman-teman yang ingin berpenghasilan mungkin bisa dicoba hehe. 



Rujukan: 

  • https://www.ruangguru.com/blog/revolusi-industri-4.0

  • https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-affiliate-marketing-dan-tips-sukses-menjalankan-bisnisnya/ 

  • https://campuspedia.id/news/affiliate-marketing-salah-satu-cara-dapat-uang-dari-internet/ 

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar