Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

STUDY STREAM WADAH BELAJAR BAGI PEMULA KELAS INTERNASIONAL

pahamify.com

Oleh: Neng Sumiyati

Study stream merupakan sebuah platform yang menyediakan ruang dan waktu bagi pelajar dari seluruh dunia dalam berbagai tingkat akademik untuk menyelenggarakan sebuah pembelajaran dari masing-masing individu melalui laman yang telah disediakan. Platform ini hadir menyapa dunia khususnya di Indonesia melalui aplikasi yang sangat populer saat ini yaitu “ Tiktok”. Study stream sendiri menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelajar di seluruh dunia terutama di Indonesia, karena kita dapat menjumpai orang-orang yang berada dalam bangku kuliah yang sama di belahan negara lainnya.

Selain karena kita bisa menjumpai bermacam-macam individu dari berbagai negara lainnya, study stream menjadi wadah belajar bagi pemula untuk kelas internasional. Dari pengalaman saya sendiri ketika dua hari mengikuti sebuah pembelajaran melalui platform ini, mengharuskan saya untuk membuka diri melalui perkenalan seperti halnya menyapa teman baru dari negara yang berbeda. Maka dari sini, kita dituntut untuk mampu menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa inggris.

Study stream juga menjadi platform diskusi, adanya sebuah perkenalan terkait berbagai tugas yang sedang diampu masing-masing individu di berbagai negara, tentunya melahirkan topik-topik hangat yang tanpa sengaja tercipta di tengah keseriusan ketika proses pembelajaran atau jam aktif belajar difungsikan. Berbagai macam individu mencoba memperkenalkan diri dengan cara menyebutkan akun media sosial masing-masing yang disematkan melalui akun zoom.

Study live stream menggunakan aplikasi Zoom sebagai wadah untuk menunjang kegiatan yang mereka selenggarakan. Semua orang dapat mengakses link zoom resmi dari laman website www.studystrem.live atau juga bisa melalui laman Instagramnya @studystream. Yang mana di dalamnya terdapat beberapa ruang sesuai dengan tingkatan akademik yang ditempuh. Saya sendiri pernah beberapa kali mencoba untuk masuk ke semua ruang fokus atau focus room yang dapat mengantarkan kita pada link zoom nantinya, namun selalu gagal karena kapasistas peserta hanya dibatasi sampai seribu orang.

Dari pengalaman saya sendiri, ketika malam hari maka platform ini akan banyak digunakan oleh teman-teman dari luar negara kita sendiri, karena lagi-lagi perbedaan waktu. Maka jika kita mahasiswa dari Indonesia ingin turut mengikuti focus room yang mereka sediakan bisa kita coba untuk masuk di waktu pagi hari atau siang. Study strem bagi saya menjadi sebuah alarm tersendiri, bukan hanya agar kita lebih semangat untuk belajar, namun untuk tetap fokus pada tujuan utama  dari tingkat akademik yang sedang kita tuju.

Pengalaman unik juga saya rasakan ketika menjadi satu-satunya perempuan muslim yang turut ikut pada ruang yang ternyata sebagian besar dari Thailand, Cina, dan beberapa negara di benua Eropa. Ketika membuka video secara langsung, yang saya rasakan saat itu adalah kekhawatiran dan ketakutan akan respon mereka. Namun ternyata salah, mereka sangat menantikan jawaban dari saya ketika beberapa dari mereka menanyakan terkait jurusan, tempat kuliah dan tugas apa yang sedang saya kerjakan. Ketika saya menjawab ada beberapa dari mereka yang memberikan pendapat seperti ini “ inilah pertama kalinya aku mengikuti focus room dan bertemu perempuan muslim dan sungguh aku terkejut ternyata dari Indonesia, jangan sungkan untuk saling berbagi pendapat atau mengeluhkan tugas di sini, apalagi terkait bahasa atau hal apa pun lainnya, kita semua masih menjadi pelajar” .

Ada pepatah populer yang mungkin bisa menjadi kokang agar kita bisa lebih bersemangat untuk mencoba hal yang baru, bertemu dengan berbagai macam individu lainnya yang tentunya dalam koridor positif dan menjadi sebuah manfaat tersendiri. Seseorang berkata “ Things end, people change and you know what ? Life goes on “


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar