Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

RAMADHAN PREPARATION



Oleh : Arfiatul Aliyah

         Marhaban Ya Ramadhan, di bulan yang penuh berkah ini tentunya Umat islam di seluruh dunia menyambut Ramadhan dengan suka cita. Dengan kehadiran bulan Ramadhan ini mari kita syukuri sebagai momentum untuk mawas diri dan bertafakkur dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan untuk memohon ampunan serta ridho-Nya. Di bulan Ramadhan ini juga diharapkan agar kita bisa membangkitkan kembali hati kita agar lebih khusyuk dan tawadhu dalam beribadah dan beramal shaleh. serta peduli terhadap sesama untuk meningkatkan jalinan ukhuwah Islamiyah. 
        Di bulan suci ini juga tentunya harus diisi dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat yang semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan (imanan wa-htisaban), diantaranya:

1. Melaksanakan shalat tarawih dan witir     

        Sebagaimana sabda Rasulullah saw bahwa siapapun yang menjalankan shalat tarawih di bulan Ramadhan atas dasar iman dan penuh pengharapan terhadap Allah swr, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu. Pelaksanaan shalat tarawih dan witir ini biasanya juga diikuti dengan kegiatan ceramah Ramadhan. 

2. Tadarus Al-Qur’an

        Tujuan dari tadarus Al-Qur’an sendiri adalah agar kita membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an sehingga bisa memperlancar serta memperbaiki bacaan Al-Qur’an, selain itu juga agar kita mampu mendalami makna serta kanddungan ayat Al-Qur’an, agar kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

3. I’tikaf (berdiam diri di masjid dengan tujuan beribadah kepada Allah swt)

        Tujuan dari I’tikaf sendiri adalah untuk merenungkan kembali kedudukan kita sebagai hamba Allah dan memperbanyak tafakur, dzikir, dan pujian terhadap Allah. Serta untuk memperbanyak doa dan memohon ridho Allah disetiap perbuatan kita. 

4. Nuzulul Qur’an 
 
        Kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada malam bulan Ramadhan ke 17, tujuan dari kegiatan nuzulul qur’an sendiri adalah untuk mengenang peristiwa Nuzulul Quran (turunnya Al-Qur’an) untuk memahami pesan yang terkandung didalamnya serta mengamalkannya sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan di dunia hingga kehidupan akhirat. Hal ini juga dijelaskan dalam ayat Al-Qur’an (Q.S. Al Baqarah 2:185) 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ ‎

Artinya: 
"Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)"

5. Lailatul Qadr 

        Di bulan Ramadhan, terdapat satu malam yang lebih utama dari seribu bulan, malam ini disebut lailatul qadr. Pada malam ini orang-orang yang beribadah kepada Allah swt akan mendapat nilai pahala yang setara dengan nilai pahala ibadah selama seribu bulan, hal ini sudah dijelaskan dalam kalam Allah swt: 

إنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْر (٣) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْر (٤) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (٥)

Artinya:
1. Sesungguhnya kami Telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. 
2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? 
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. 
4. Pada malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. 
5. Malam itu (penuh) kedamaian sampai terbit fajar. (Q.S. Al Qadr : 1-5)

6. Melaksanakan Zakat Fitrah
 
        Zakat diwajibkan bagi setiap orang Islam yang telah memenuhi persyaratan tertentu. Zakat fitrah adalah zakat berupa makanan pokok yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim yang mampu (kelebihan makanan pokok untuk hari) atas diri, keluarga dan tanggungannya sebelum shalat Idul Fitri yang diberikan kepada yang berhak.

Referensi : 
- http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/28133/4/Zubair-FAH.pdf 


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar