Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

TIGA BULAN ISTIMEWA

Source image: istockphoto


Oleh: Bagus Isnu H

Bukan tentang siapa yang bermodal atau berisi tapi tentang siapa yang gagah berani mengambil peran itu. Tak perlu panjang dan berhari-hari untuk berfikir, cukup keyakinan dan yakin untuk memulai. Walaupun bermula dengan banyak kesalahan bukan berarti dinotabene gagal untuk selamanya hanya saja gagal yang membawa ke arah yang lebih dewasa. Jangan berkata tidak, jangan pula menolak. Selagi ada kesempatan bersifat lah bagaikan pahlawan, ambil peran itu walau banyak resiko. Dan bila perlu lawan semua bentuk keraguan dengan sikap otoriter dalam (kebaikan) berperan. Jika satu langkah dapat membawa berkah dan satu kepalan tangan dapat merubah tatanan, lantas mengapa terbesit keraguan?.

Masa itu, dimana langkah dan arah gerak sungguh terbatas. Dengan waktu yang ada dan benar singkatnya, semua diharap mampu mengemban dengan baik, sempurna dan amanah. Akan tetapi tetap tidak bisa dipungkiri, sebagai mahluk yang sejatinya serba kekurangan yang akan menimbulkan kesalahan. Satu kekuatan dan keseimbangan sungguh menjadi modal dalam mengayuh roda itu, akan terasa ringan jika semua selalu bersama dan berseiringan. Lain halnya, yang biasanya bisa kordinasi dengan maksimal tetapi semua berubah 180° dinamika yang terbalik. 

Seorang Hamba berhak berkeluh-kesah perihal realitas kehidupan, juga berhak mengambil hikmah dari yang ada. Satu hari berasa lama jika dibuatnya dengan penuh manfaat, setahun bisa terasa singkat bila berguna hanya euforia. Lupa bahwa semua yang berlalu adalah sejarah dan ia hanya menjadi kenangan belaka. Bukan waktu yang menjadi ukurnya, tapi seberapa manfaat yang telah ditorehkan. Orang awam boleh memandang dan berpendapat jika dalam jangka waktu yang singkat itu hanya sebatas permainan belaka, tapi dalam kacamata pahlawan tidak pandang berapa kirin waktu asal ada perjuangan itu lebih daripada hanya retorika tidak bermuara.

Tiga bulan tidaklah singkat apabila menjadi implementasi dalam nilai-nilai persaingan dalam hal kebaikan, justru yang setahun akan terasa singkat jika hanya diam tidak ada gerakan yang menuai hikmah dari proses yang dijalankan. Perencanaan yang disusun sistematis harus benar dijalankan sesuai prosedur keadaan, laksana setiap ke berimanan seseorang yang terikat peraturan yang telah menjadi dogma kehidupan. Mengerjakan apa yang sudah diperintahkan, menjauhi apa yang sudah menjadi larangan. 

Setelah letih dalam perjuangan seorang hamba layak mendapatkan manisnya kehidupan, hikmah yang telah didapat menuaikan sikap kedewasaan. Tuntutan yang dilalui, pekerjaan yang telah dilampaui membawakan arti betapah indahnya jika selalu bersyukur.


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar