Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

MENGERTI DAN MEMAHAMI HUKUM


Oleh: Hariski Romadona

Gak ada kata telambat ya dalam dunia pendidikan. Kita itu harus belajar dan terus mencari ilmu, karena tidak ada kata libur. Dalam suatu hadist pun kita diperintah untuk menuntut ilmu dari lahir sampai mati. Hidup di dunia ini tanpa ilmu itu bagaikan kita berjalan tanpa tujuan yang jelas. Kita tidak tau harus apa dan mau apa, karena kita tidak punya ilmu. Tujuan kita sekolah, kuliah, mondok, itu adalah tidak lain adalah mencari ilmu. Kalau tidak maka niat kita adalah salah.

Arus milenial yang serba cepat updatenya akan informasi, seharusnya banyak pengetahuan positif yang bisa kita dapatkan. Salah satunya adalah pengetahuan akan hukum. Karena mau bagaimanapun kita hidup sebagai warga negara Indonesia tercinta yang mana negara kita adalah negara hukum. Mungkin sebagian kalian malas mempelajari hukum, karena merasa hukum itu rumit lah,penuh dengan pasal-pasal dan ada hukuman-hukumanya. Akan tetapi sebenarnya mempelajarinya adalalah hal penting, meski kamu bukan anak jurusan hukum. 

Pertama, Negara ini berdiri dengan pondasi pancasila dan konstitusi yang kuat. Negara yang kuat adalah yang memiliki aturan. Aturan dibuat untuk ditaati, bukan untuk dilangggar. Dengan adanya aturan, maka akan ada yang membatasi kesewenang-wenangan. Dalam UUD 45 telah dibuat aturan yang dikemas dalam pasal dan ayat ayat yang menyangkut segala aspek kehidupan. Dengan kita mengetahinya kita dapat mengerti atau lebih berhati hati dalam melakukan suifatu tindakan, apalagi yang berkaitan dengan hal-hal yang berbau negatif. 

Kedua, Sejak lahir kita pun sudah ada prosedur-prosedur hukum yang harus dilakukan. Kita sejak lahir sudah harus melakukan proses hukum yakni salah satunya adalah mengurus akta kelahiran. Berhubung kita belum bisa sendiri, maka orang tua yang buatkan untuk kita. 

Ketiga, Saat kita mulai memasuki dunia kerja bahkan menikah. Kita harus paham tentang hukum ketenagakerjaan yang mengatur hakdan kewajiban dalam bekerja. Kita harus mengetahui hal apa yg diperbolehkan dan dilarang dalam perusahaan. Apalagi soal menikah, yang menjadi impian setiap orang atau kaum muda khususnyya. Meski aturan agama menjadi dasar utama, tetapi dalam memahami panduan dari prespektif uu perkawinan dan KHI itu juga penting. Dengan memahami hukum agama dan hukum positif maka kita akan mengerti aturan yang berlaku di negara kita.

Keempat, memahami hukum tidaklah begitu rumit. Sejatinya tidak ada yang instan dalam kehidupan. Semua perlu proses dan dalam masa berproses itulah kita akan menemui hal atau pelajaran baru yang dapat kita jadikan pelajaran atau motivasi. Apalagi belajar tentang hukum, maka kita akn lebih mudah dengn melihat contoh atau praktek yang terjadi di kehidupan masyarakat. 


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar