Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

HATI IBARAT WADAH



Oleh: Savinatul Jannah

“Hati adalah wadah bermusabhah diri. Jika kau mencari hati, maka carilah yang menjadi jembatan antar kamu dan cinta”

“Tersenyumlah, Alam tidak akan mengubah akan kesedihanmu.”


Hati ibarat wadah tempat menampung. Sebaik baik hati adalah yang paling baik dalam menerimanya dan memahami tentang ilmu. Jika hati kita bersih maka yang terucap kata kata yang baik namun sebaliknya jika hati kita kotor yang keluar adalah kata kata menyakiti dan mendemotivasi orang lain.  Agar hati kita bersih, beberapa cara dari motivator Jamil Azzaini ini bisa kita terapkan:

Pertama, pastikan yang masu kedalam teko adalah air bersih, dengan kata lain pastikan yang masuk kedalam pikiran dan hati adalah informasi atau ilm yang bergizi. Apa yang kita baca, yang kita dengar, yang kita saksikan adalah hal hal yang positif dan memberi nilai tambahan. Selain membuang buang waktu, membaca, mendengar dan menonton acara yang tak bermutu itu merusak pikiran dan hati kita.

Kedua, pastikan jua wadahnya atau tekonya bersih. Wadah ilmu itu pikiran dan hati. Maka pastikan melatih diri untuk memiliki pikiran dan hati yang bersih. Jauhkan penyakit penyakit hati seperti sombong, iri, dengki dan sejenisnya. Yakinlah bahwa pasti ada kebaikan dan hikmah disetiap pertistiwa.

Ketiga, pastikan bahwa setiap orang yang kita layani itu mulia. Begitu kita bertemu dengan orang lain tanamkan dala hati” ini orang penting, oleh karena itu saya harus memuliakannya dan melayaninya dengan sepenuh hati”

Kita semua adalah pelayan dan yang memenangkan persaingan diantara kita adalah yang melayaninya dengan sepenuh hati.

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar