Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

SEMANGAT RESOLUSI


Doc pribadi


Oleh : Hany Zahrah Mulyadi


Apa kabar hati? Ehh apa kabar pembaca? Hehe.. semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin Ya Rabbal ‘Alamin. 

Rencana atau biasa kita sebut dengan resolusi mengingatkan kita untuk harus selalu melakukan sesuatu yang baik di setiap waktu. Skenario kehidupan memang tidak bisa ditebak, adakalanya kita akan baik-baik saja, dan adakalanya kita harus terlihat baik walaupun keadaan tidak demikian. 

Semangat resolusi bisa menjadi jalan yang ampuh untuk kita terapkan saat ini, terutama saat pandemi ini. Corona melunjak, korban membludak. Itulah keadaan saat ini. ikhtiar untuk terhindar itu perlu dengan istiqomah menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak). Bosan? Ya sama, kita semua juga bosan. Ibarat semboyan “satu untuk semua, semua untuk satu”. Satu masker bisa melindungi 1000 orang, dan 1000 masker bisa melindungi satu orang. 

Memulai itu mudah yang sulit adalah istiqomah melakukan pembiasaan perubahan diri. Membuat planner misalnya. Menyusun rencana yang akan dilakukan selama 1 minggu atau 2 minggu atau justru 1 bulan untuk menjadi pribadi yang lebih produktif. Dan memberikan reward untuk diri Ketika berhasil melewai itu semua. 

 Allah berfirman dalam Qs. At-Taubah ayat 40, yaitu :

الَّا تَـنۡصُرُوۡهُ فَقَدۡ نَصَرَهُ اللّٰهُ اِذۡ اَخۡرَجَهُ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا ثَانِىَ اثۡنَيۡنِ اِذۡ هُمَا فِى الۡغَارِ اِذۡ يَقُوۡلُ لِصَاحِبِهٖ لَا تَحۡزَنۡ اِنَّ اللّٰهَ مَعَنَا‌ ۚ فَاَنۡزَلَ اللّٰهُ سَكِيۡنَـتَهٗ عَلَيۡهِ وَاَ يَّدَهٗ بِجُنُوۡدٍ لَّمۡ تَرَوۡهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوا السُّفۡلٰى‌ ؕ وَكَلِمَةُ اللّٰهِ هِىَ الۡعُلۡيَا ؕ وَاللّٰهُ عَزِيۡزٌ حَكِيۡمٌ

“Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, "Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita." Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.”


Tentu kita pernah mengalami situasi sulit, seperti mengalami kegagalan dengan diuji penyakit serius saat ini. virus yang sangat dihindari karena nyawa pun bisa hilang jika virus sudah menetap di dalam tubuh, segala usaha sudah dilakukan, dengan berjemur, minum obat, minum vitamin, minum racikan jamu herbal, dan berdoa. ketika tidak ada perubahan dalam diri hingga takut dan sedih berkepanjangan.. 

Meski begitu, kamu tidak mau dong berlarut-larut dalam kesedihan. Cobalah untuk terus bangkit dan berusaha, ambil sisi positif dari kegagalan yang didapat. Kembalikan segalanya pada Sang Pencipta bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah ketetapan yang terbaik dari-Nya.


Allah berfirman dalam Qs. An-Najm ayat 39, yaitu :

وَأَنْ لَيْسَ لِلإنْسَانِ إِلا مَا سَعَى

“Bahwasanya seorang manusia tidak memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.”

Untuk itu sukses dicapai oleh tindakan bukan hanya keinginan.

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar