Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

SEORANG SANTRI SEKALIGUS AKTIVIS ULUNG: YUDI LATIF


Oleh: Muhammad Hadiyan el Ihkam 

       
       Seorang aktivis dan cendekiawan muslim yang bernama Yudi Latif lahir di Sukabumi 26 Agustus 1964. Yudi Latif menikah dengan Linda Natalia Rahma dan sekarang mempunyai 4 buah hati. Alamat rumah beliau di Jakarta tepatnya Pasar Minggu. Umur beliau sekarang 56 tahun namun masih tetap aktif dalam berbagai kegiatan maupun komunitas. Salah satu komunitas yang beliau ikuti adalah Pusat Studi Islam dan Kenegaraan-Indonesia (PSIK-Indonesia). Dalam komunitas tersebut beliau menjabat sebagai ketua.

       Siapa sangka, dibalik sosok aktivis dan cendekiawan muslim beliau merupakan seorang santri dari Pondok Pesantren Gontor Jawa Timur. Di pondok beliau belajar banyak hal mulai berpidato, menulis, hingga aktif dalam organisasi pondok. Setelah lulus dari Gontor dengan nilai yang bagus, beliau melanjutkan kuliah S1 di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Bandung pada tahun 1990. Kemudian beliau kuliah S2 dan S3 di Australian National University (ANU) jurusan sosiologi politik dan komunikasi pada tahun 2004. 

        Di usia 29 tahun Yudi Latif seorang peneliti yang tergabung dalam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tak hanya itu, Yudi Latif muda juga di percaya menjadi seorang dosen Universitas Islam Nusantara dan Universitas Padjajaran. Pada waktu yang sama pun beliau dipercaya sebagai editor tamu di Center for Information and Development Studies (CIDES), Peneliti senior pada Center for Presidential and Parliamentary Studies (CPPS).

        Lulus kuliah dari luar negeri beliau lebih fokus pada dalam bidang pemikiran agama, kenegaraan, dan kebangsaan. Pemikirannya ini beliau tuangkan dalam kajian lembaga yang beliau pimpin yaitu Reform Institute. Lembaga bidang keagamaan yang beliau ikuti adalah Pusat Studi Islam dan Demokrasi di Universitas Paramadina. 

        Yudi Latif menyampaikan hasil pemikirannya lewat seminar-seminar, jurnal ilmiah maupun buku. Salah satu karya terkenalnya, yaitu Negara Paripurna: Historitas, Rasionalitas, Aktualitas Pancasila. Buku ini diluncurkan di Ruang Rapat Nusantara V Gedung MPR RI, pada 11 April 2011. Buku tersebut membahas mengenai sejarah, menafsir nasionalitas, dan mengaktualisaski nilai-nilai yang tertanam dalam Pancasila.

        Di tengah konflik kebhinekaan pemikiran Yudi Latif menjadi sangat relevan sebagai jawaban untuk persoalan bangsa tersebut. Yudi juga rajin menyampaikan renunganya lewat "Makrifat Pagi" yang tersebar di media sosial. Melalui karya-karyanya Yudi Latif dikenal banyak orang sebagai seorang aktivis ulung serta cendekiawan muslim. Yudi Latif dikukuhkan  sebagai Kepala Pelaksana Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Yudi diharapkan dapat membantu presiden dalam perumusan arah kebijakan umum pembinaan ideologi Pancasila yang lebih membumi lagi.

Sumber: 
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Yudi_Latief
  • https://www.viva.co.id/siapa/read/443-yudi-latif

Source Image: https://kumparan.com/kumparannews/yudi-latif

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar