Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

SEDIKIT BEKAL MENUJU PERNIKAHAN

Oleh : Inayatul Maghfiroh


       “Hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga”, demikianlah kata seorang penyair. Allah telah menciptakan rasa cinta dalam setiap diri manusia, begitu juga ketertarikan manusia pada lawan jenisnya, hingga Allah pun memberikan petunjukNya tentang bagaimana menjalin cinta dalam ikatan yang benar (suci), yaitu dengan ikatan suci yang kita kenal dengan istilah “ pernikahan”. Sebagaimana Firman Allah dalam Al qur’an surat Ar Rum ayat 21). 
       Pernikahan bukan suatu hal yang bisa dipermainkan dengan asal-asalan memilih pasangan, bukan pula yang dilakukan hanya untuk mengikuti trend. Dalam agama Islam pun ditentukan bagaimana memilih pasangan yang baik, bagaimana mengukur kriteria pasangan yang baik. Seperti halnya yang termaktub dalam kitab “ Ikhtilafu Azzaujain”, Rosulullah membimbing  seorang laki-laki yang ingin menikah untuk mencari sosok pasangan yang “dzatuddin” (yang memiliki agama ), yaitu wanita ( istri) yang mau menegakkan hak-hak suami, hak-hak anak, dan hak-hak rumah, sebagaimana yang sudah diperintahkan dalam ajaran agama Islam, khususnya yang dicontohkan oleh Rosulullah SAW.
       Untuk menegakkan hak-hak yang telah disebutkan tentu sebagai seorang istri atau calon istri harus mengetahui apa saja hak-hak suami misalnya, diantara beberapa hak-hak suami yang berkaitan dengan adab ( mudahnya, adab istri terhadap suami) yaitu, sebagaimana yang disampaikan oleh Imam Al-Ghazali dalam kitabnya yang berjudul Al Adab Fid Din dalam Majmu’ah Rasail Al Imam Al Ghazali ( Kairo, Al Maktabah At Taufiqiyyah, Hal 442). Bahasannya beberapa adab istri terhadap suami ada 16, diantaranya : 
1. Selalu merasa malu
2. Tidak banyak mendebat
3. Senantiasa taat atas perintahnya
4. Diam ketika suami sedang berbicara
5. Menjaga kehormatan suami ketika ia sedang pergi
6. Tidak berkhianat dalam menjaga harta suami
7. Menjaga badan tetap berbau harum
8. Mulut berbau harum dan pakaian bersih
9. Menampakkan qona’ah
10. Menampilkan sikap belas kasih
11. Selalu berhias
12. Memuliakan keluarga dan kerabat suami
13. Melihat kenyataan suami dengan keutamaan
14. Menerima hasil kerja suami dengan rasa syukur
15. Menampakkan rasa cinta kepada suami ketika berada didekatnya
16. Menampakkan rasa gembira ketika melihat suami

       Selain, adab-adab Istri kepada suami, terdapat pula adab-adab suami kepada istri, karena ketika dua insan yang terjalin dalam ikatan pernikahan, maka ia memiliki hak dan kewajiban masing-masing, adapun beberapa adab suami kepada istri ( dalam kitab yang sama) yaitu :
1. Berinteraksi dengan cara yang baik 
2. Bertutur kata yang lembut
3. Menampakkan cinta kasih
4. Bersikap lapang ketika sendiri
5. Tidak terlalu mempersoalkan kesalahan
6. Memaafkan jika istri berbuat salah
7. Menjaga harta istri
8. Tidak banyak mendebat
9. Memberikan ( mengeluarkan biaya) untuk kebutuhan istri ( secara tidak bakhil)
10. Memuliakan keluarga istri
11. Senantias memberi janji yang baik (indah)
12. Bersemangat terhadap istri.
       Demikianlah adab-adab yang harus dilakukan istri kepada suami, ataupun sebaliknya. Semoga bisa menjadi tambahan wawasan pengetahuan untuk bekal menuju pernikahan.dan bagi yang sudah menikah, semoga keluarganya diberikan ke-sakinahan dan keberkahan, Amin.


Malang, 5 November 2020
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar