Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

MIRISNYA KESEJAHTERAAN GURU DI INDONESIA


Muhammad Rian Ferdian

Pahlawan tanpa tanda jasa, itulah gelar yang disematkan oleh bangsa Indonesia untuk sosok penting dalam mencerdaskan anak bangsa. Sosok yang selalu ikhlas mendidik muridnya agar menjadi insan yang lebih baik di masa depan. Sosok yang selalu mendoakan murid-muridnya agar kelak menjadi orang yang sukses, orang yang berguna untuk agama, nusa dan bangsa. Sosok itu ialah ‘guru’. 

Kesejahteraan guru honorer di Indonesia masih menjadi pembicaraan hangat, karena masih banyak sekali guru-guru honorer yang kesejahteraannya masih sangat memprihatinkan. Padahal kesejahteraan guru merupakan aspek penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah dalam menunjang kinerja tenaga pendidik agar semakin membaik. Karena bagaimana seorang guru dapat bekerja secara maksimal apabila para guru masih harus memikirkan bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tugas mereka begitu mulia akan tetapi tak sebanding dengan yang mereka dapat. Hal inilah yang menjadi salah satu sebab rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. 

Hari ini masih banyak kasus di Indonesia di mana para guru honorer yang digaji hanya ratusan ribu perbulan. Salah satu contoh seorang guru honorer di Sukoharjo, Jawa Tengah, bercerita tentang gaji yang hanya 300 ribu perbulan. Itu pun masih harus dipotong biaya ini itu. Belum lagi pembayaran yang sering kali harus dirapel dalam tiga atau enam bulan sekali. Dan masih banyak lagi nasib serupa yang dialami para guru honorer di Indonesia. Ini merupakan sebuah kenyataan pahit untuk para guru honorer di Indonesia, di mana mereka membawa misi yang mulia, akan tetapi negara belum mampu memuliakan mereka. 

Hal ini berbanding terbalik dengan para pejabat di negeri kita yang memiliki gaji dengan nominal fantastis, akan tetapi masih banyak dari mereka yang masih belum puas dengan melakukan korupsi demi memenuhi kebutuhan nafsu hidup mereka. Harusnya pemerintah memberikan kesejahteraan kepada para guru sebagaimana pemerintah memberikan kesejahteraan kepada para pejabat dengan nominal gaji yang fantastis. Karena sejatinya para pejabat bisa berada di posisi sekarang itu salah satunya karena ada jasa dari seorang guru, yang diantaranya pasti ada guru honorer.   

Harapan kami di hari Guru tahun 2020 ini, pemerintah terus berupaya dalam rangka mensejahterakan para guru di Indonesia, khususnya para guru honorer yang saat ini masih banyak sekali dianatara mereka yang gaji nya dibawah rata-rata. Dan kita pun sebagai para murid dari guru-guru kita, tetaplah mendoakan yang terbaik untuk guru-guru kita, serta berikan penghargaan kepada mereka semampu kita. Selamat Hari Guru Nasional 2020, terima kasih kepada seluruh Guru di Indonesia atas dedikasi dan pengabdiannya untuk memajukan generasi penerus bangsa.

Sumber rujukan:
https://mediaindonesia.com/read/detail/281459-mewujudkan-kesejahteraan-guru 


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar