Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

MENGAPA HARUS MEMBACA ?


Oleh : Siti Khoirun Niswah

Kegiatan membaca merupakan kegiatan sederhana yang mudah sekali dilakukan oleh semua orang, dimana pun dan kapan pun. Ada yang pernah mengatakan bahwa dengan membaca kita juga belajar menjelajahi dunia. Karena dengan membaca seseorang tidak hanya sekedar mampu melihat ejaan huruf, mampu melafalkan huruf baik secara langsung maupun secara batin. Melainkan dalam membaca terdapat kegiatan yang rumit. Menurut Crawley dalam hasil penelitiannya, kegiatan membaca bukan sekedar aktivitas pelafalan kata atau kalimat, tetapi juga terdapat aktivitas visual, berfikir, psikolinguistik, dan metakognitif. Artinya dalam kegiatan membaca seseorang tidak cukup dengan hanya memahami apa yang tertuang dalam tulisan saja. Melainkan juga memahami sesuatu yang tersirat tentang apa yang ditulis. Dalam hal ini hubungan yang antara makna yang ditulis oleh penulis dengan interpretasi pembaca akan menentukan ketepatan membaca. 

Seseorang akan memperoleh banyak keuntungan dengan bersedia dan punya kesadaran yang tinggi untuk melakukan aktivitas sederhana ini. Dengan sering membaca, akan memperoleh fakta-fakta yang terperinci, sehingga hal ini akan meminimalisir penyebaran berita-berita hoax  yang sering marak akhir-akhir ini. Sering membaca akan dapat berasumsi tinggi tentang pemahaman-pemahaman yang real atau nyata. Karena sering membaca juga akan meningkatkan pemikiran yang kritis, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh berita-berita yang belum ada kejelasannya. Selain itu, dengan membaca seseorang juga akan mampu menyimpulkan dan menginferensi, sehingga mudah untuk mengambil tindakan yang akan dilakukan setelah membaca suatu hal. Dengan sering membaca seseorang akan mampu mengklasifikasikan yang bertujuan agar menemukan hal-hal unik mengenai suatu hal apa yang telah kita baca. 

Banyaknya seseorang mengkonsumsi bacaan, akan meningkatkan ilmu pengetahuan, sehingga daya nalar yang dimiliki oleh seseorang juga akan bertambah. Walaupun kita seorang pelajar, jika hari-harinya kurang diisi dengan membaca, maka pengetahuannya juga tidak seberapa. Pengetahuan bertambah, perbendaharaan kata meningkat,melatih daya imajinasi, sehingga akan terpenuhi mutu intelektual. Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan daya tarik membaca kita? satu-satunya untuk meningkatkan daya tarik membaca adalah kesadaran dari diri seseorang itu sendiri. tanpa kesadaran akan pentingnya membaca. 

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar