Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

MENGAPA ENGGAN MENGHAFALKAN AL-QUR’AN



Oleh :M. Irhaz Irham

Bismillahir-rahmani rahim  segala puji hanya milik Allah yang telah memberikan kita nikmatnya, termasuk di antaranya nikmat yang paling besar, yaitu nikmat iman dan Islam, begitu pula nikmat kesehatan sampai sekarang. Shalawat serta salam kita curahkan ke Nabi besar Allah yang tidak pernah lupa kepada umatnya bahkan ia lebih mencintai umatnya dari pada dirinya sendiri dan keluarganya yaitu Nabi Allah Muhammad Saw. sang rasul yang mulai dan telah di utus oleh rabb untuk rahmat lil alamin.

Menghafal Al-qur'an adalah amalan yang sangat mulia dan sangat istimewa begitu banyak keutamaan membacanya dan menghafalkannya, tetapi masih banyak di antara kita masih sering lalai membacanya apa lagi menghafalnya andai saja mereka tahu keutamaan menghafal Al-qur'an mereka yang lalai akan berbondong bondong dalam menghafalkannya contohnya saja pada hari kiamat nanti Al-qur'an akan datang kepada yang menghafalkannya menjadi syafaat baginya. Tetapi masih banyak saja bagi mereka yang lalai dalam menghafalkannya, mungkin saja Al-qur'an bukan susah di hafalnya akan tetapi masih banyak godaan yang menghalangi mereka  berikut ini saya akan membahas 3 hal kecil yang membuat enggan  dalam menghafal Al-qur'an.

1. Takut tidak bisa mengamalkannya

Terkadang perasaan ini sering sekali menjadi penghambat besar dalam menghafal Al-qur'an. Jika yang menghafalkannya takut tidak dapat mengamalkan, nah rasa takut itu yang membuat kita enggan menghafalkannya sehingga timbul di benak kita  untuk apa menghafal Al-qur'an jika tidak mengamalkannya lebih tidak sama sekali. Ini yang menyebabkan kita enggan untuk menghafalkan Al-qur'an dan melalaikan keutamaan menghafal Al-qur'an.

Dan salah satu solusinya adalah jangan pernah berpikir bahwa mengamalkan Al-qur'an itu wajib bagi yang menghafalkannya, itu salah besar akan tetapi jika mengaku memeluk agama Islam maka wajib bagi kita mengamalkan isi Al-qur'an, yang hafal ataupun tidak. Hal ini karena Al-qur'an adalah kitab suci agama kita (Islam). Yang di mana kalau kita tidak menghafalkan Al-qur'an bagaikan kita di tawari nikmat yang sangat indah tapi kita menolaknya dengan alasan takut melalaikannya .

2. Takut miskin

Percaya atau tidak wahai sobat sobat sekalian ada sebagian orang enggan menghafalkan Al-qur'an karena takut miskin meskipun kita tidak mendengarkan langsung secara lisan, hal ini dikarenakan mereka berpikir dengan menghafal Al-qur'an membuat mereka enggan bekerja dikarenakan harus fokus di Al-qur'an dan harus tiap hari mengulanginya. Dan saya pernah mendengar bahwasanya Al-qur'an jika kita meninggalkannya  dalam satu hari maka kita akan ditinggalkan Al-qur'an) dalam satu minggu dan jika kita tidak membacanya atau mengulanginya dalam satu bulan maka kita akan ditinggalkan selama satu tahun ,dan juga jika kita meninggalkan Al-qur'an dalam satu tahun maka kita akan ditinggalkan Al-qur'an selamanya. Ketauilah dan renungilah wahai sobatku, percayalah Al-qur'an bisa membuat kita kaya. Kaya harta maupun kaya hati karena rezeki Allah tidak di sangka sangka. Jika kita mempelajari Al-qur'an rezeki akan datang bersama kita selama Al-qur'an bersama kita . Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda:

لَيْسَ الغِنَى عَنْ كَثْرَةِ العَرَضِ وَلَكِنَّ الغِنَى غِنَى النَّفْسِ

Kekayaan yang sesungguhnya bukanlah dengan banyaknya

harta. Tetapi kekayaan yang sesungguhnya adalah kekayaan

hati (yang selalu merasa cukup).” (HR. al-Bukhari)

3. Tugas kuliah menumpuk

Salah satu alasan enggan menghafal Al-qur'an dikarenakan sibuk dengan tugas kuliah yang menumpuk ,sehingga tak ada waktu untuk menghafalkan Al-qur'an dan jika pun ada waktu alasannya badan tidak fit untuk menghafal Al-qur'an yang mengakibatkan kurangnya konsentrasi sehingga mengurungkan niatnya untuk menghafal Al-qur'an. Ketahuilah wahai sobatku tidak ada kesuksesan yang di raih dengan bersantai santai saja, namun jika kesuksesan itu di raihnya dengan susah payah, maka dari pada kita harus berusaha untuk membagi waktu antara tugas kuliah dan menghafalkan Al-qur'an, betapa indahnya jika kita sukses dalam dunia dan akhirat. Di dunia kuliah kita sukses dan dengan menghafal kita punya bekal untuk menuju akhirat. Dan tahukah kamu dengan ini kita bisa menjadi orang yang bertakwa kepada Sang Rabb  karena sebaik baik bekal adalah takwa.

وَتَزَوَّدُوا۟ فَإِنَّ خَيْرَ ٱلزَّادِ ٱلتَّقْوَىٰ ۚ وَٱتَّقُونِ يَٰٓأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ

Artinya: “Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.”


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar