Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

KEUTAMAAN MENGUCAPKAN SALAM KETIKA MEMASUKI RUMAH

Oleh : Hany Zahrah M


       Setiap rumah mempunyai penghuni, baik yang kasat mata ataupun nyata. Manusia diajarkan untuk selalu mengucapkan salam ketika memasuki rumah baik rumah sendiri atau rumah orang lain, baik ada orangnya ataupun tidak, kita dianjurkan untuk mengucapkan salam terlebih dahulu. Tujuan nya untuk mengusir makhluk tak kasat mata atau jin yang bersemayam didalam rumah tersebut. Rumah yang sering diucapkan salam di dalamnya maka tidak akan ada satupun jin yang betah untuk menetap. 
       Para ulama mengatakan bahwa salam termasuk bagian zikir kepada Allah dan setiap orang yang memasuki rumahnya dengan berzikir kepada Allah, maka dia tidak akan diikuti makhluk tak kasat mata, juga rumahnya tidak ditempati makhluk tak kasat mata (jin) tersebut. Sebagaimana dijelaskan dalam Hadits Riwayat Imam Muslim dari Jabir bin Abdullah:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ 
أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Jika seseorang masuk rumahnya dan menyebut nama Allah ketika memasukinya dan ketika makan, maka setan berkata,’Kalian (para setan) tidak mendapatkan tempat menginap, dan makanan’. Namun jika seseorang masuk rumahnya dan tidak menyebut nama Allah Ketika memasukinya, maka setan pun berucap, ‘kalian mendapatkan tempat menginap,’ Apabila seseorang tidak menyebut nama Allah Ketika hendak makan, maka setan pun berkata, ‘Kalian mendapatkan tempat menginap dan makan".

Karena salam merupakan doa, baik bagi yang mengucapkan maupun yang mendengarkan. Anjuran mengucapkan salam juga disebutkan dalam Qs. An-Nur ayat 61:

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَىٰ أَنْفُسِكُمْ ۚ

“....Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya), yang artinya juga memberi salam kepada dirimu sendiri...”  (Qs.An-Nur : 61).

       Menurut salah satu website yang saya baca maksud ayat tersebut ialah anjuran untuk mengucapkan salam jika kalian memasuki rumah-rumah tersebut maka hendaklah kalian mengucapkan salam terlebih dahulu kepada penghuninya -jika rumah itu dihuni- dengan ucapan salam dalam Islam “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”, dan jika rumah itu -tidak dihuni- maka ucapkanlah salam  “Assalamu’alaina wa’ala ibadillahi as-sholihin”. Ucapan salam yang Allah perintahkan ini mengandung banyak kebaikan dan mampu menetramkan orang yang mendengarnya.

       Allah telah menciptakan berbagai macam makhluk salah satunya adalah jin dengan berbagai nama dan bermacam tugasnya, ada yang bertugas menggoda manusia ketika sholat, ada yang bertugas tindak asusila (melakukan zina), ada yang bertugas menyebarkan isu-isu tidak benar (berita hoax), dan masih banyak lagi. Nah salah satu nama jin yang menetap di rumah jika penghuninya tidak pernah mengucapkan salam ketika akan masuk dan keluar rumah, tidak pernah berdzikir, tidak pernah dibacakan ayat-ayat Al Quran, tidak pernah ibadah, tidak pernah berdoa. Maka jin akan senang dan menetap dirumah.
       Namanya adalah Jin Dasim yang berperan mengancurkan keharmonisan rumah tangga pasangan suami istri. Pengaruhnya akan semakin cepat menjalar jika penghuni rumah hendak memasuki rumah tanpa terlebih dahulu mengucapkan salam terhadap keluarga yanag ada dirumah atau tidak dalam kondisi berdzikir.
Dan dianjurkan juga mengucapkan salam kepada anak-anak agar membiasakan mereka dengan adab-adab memberi salam. Selain itu, beberapa kaidah salam yang baik adalah orang yang berkendara mengucapkan salam kepada yang berjalan kaki. Pejalan kaki memberi salam kepada yang duduk. Orang yang lebih muda memberi salam kepada yang lebih tua, dan begitu seterusnya. Jika hal ini dilakukan oleh semua umat muslim maka akan memperkokoh ukhuwah islamiyah.
       Nah sebagai umat baginda Rasulullah, sudah selayaknya kita meneladani Beliau, karena Rasul pun mencontohkan tata cara yang baik dalam menebarkan salam antara satu dnegan yang lain. begitu pentingnya mengucapkan salam, dimanapun, kapanpun, bertemu dengan siapapun, usahakan mengucapakan salam.


Bekasi, 5 November 2020
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar