Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

MENGENAL "FAWAID (FAEDAH-FAEDAH) BELAJAR BAHASA ARAB" DARI Dr. BAKRI MUHAMMAD BUKHAITS


Oleh : Inayatul Maghfiroh

 

Assalamua’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bagaimana kabar kalian wahai sahabat ( penonton)

 Semoga kalian dalam keadaan baik dan sehat (sejahtera)

Saya punya pertanyaan

Kenapa ( untuk apa) kalian belajar bahasa Arab?

Apakah terdapat manfaat-manfaat dari belajar bahasa Arab?

 Untuk menjawab pertanyaan ini, hadir bersama kita tamu mulia dari Sudan

Dan dia (beliau) adalah yang terhormat ustadz Dr. Bakri Muhammad Bukhaits

 Ustadz uril : Selamat datang wahai doctor

Ustadz bakri : iya, selamat datang

Ustadz uril : bagaimana kabar anda?

Ustadz Bakri : Alhamdulillah, baik

Ustadz uril : Alhamdulillah, dari Sudan daerah  mana?

Ustadz bakri : saya dari daerah yang dinamakan atau dikenal ( disebut) daerah Jaziroh dan tepatnya di Sudan bagian tengah

Ustadz uril : apakah dia ( Jaziroh) jauh dari Khartoum (ibu kota Sudan)atau bagaimana?

Ustadz Bakri : mungkin jauhnya kalau naik mobil sekitar 3 jam dari Khartoum

Ustad Uril : oh iya iya, dengan pesawat , apakah ada (bisa)?

Ustadz Bakri : tidak ada disana, dia (Jaziroh)  desa banget. Tidak membutuhkan pesawat.

Ustadz uril : baik, doktor mengajar di perguruan tinggi apa di Sudan?

Ustadz Bakri : saya di perguruan tinggi alqur’an al karim dan ilmu Agama di Ummu Darman

Ustadz uril : selamat datang wahai doctor

Ustadz Bakri : iya, selamat datang

Ustadz uril : izinkan saya wahai doktor, kita akan membahas ( berbincang) tentang apa saja manfaat-manfaat mempelajari bahasa Arab?

Ustadz Bakri : Bahasa Arab memiliki manfaat yang sangat banyak ( mempelajarinya), dan yang palin penting-pentingya ( paling bagus-bagusnya) manfaatnya yaitu mengikuti dan menghidupkan Sunnah Rosulullah SAW karena Rosulullah SAW diantara sunnah beliau dalam berbicara yaitu, berbicara menggunakan bahasa Arab. Maka siapapun yang berbicara menggunakan bahasa Arab,  dia melakukan sunnah nabi Muhammad SAW dan menghidupkan sunnahnya, dan siapa yang menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW dia bersamanya di surga.

Ustadz Uril : Subhanallah, menghidupkan sunnah, karena Rosulullah berbicara  menggunakan bahasa Arab. Dan apabila kita berbicara menggunakan bahasa Arab, artinya kita mengikuti sunnah nabi Muhammad SAW

Ustadz bakri : iya bener, iya

Ustadz uril : apakah ada manfaat yang lain wahai doktor?

Ustadz Bakri : manfaat selanjutnya yaitu dalam memahami Al Qur’an, karena Allah SWT menurunkan Alqur’an dengan( berupa) bahasa Arab . dan Allah berfirman

 كتاب أنزلناه إليك مبارك ليدبروا آياته وليتذكر أولو الألباب

“Ini adalah sebuah Kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran”

Jadi siapapun yang mengetahui ( mengerti) bahasa Arab, dia bisa memperhatikan Al qur’an (mentadabburi), dan siapapun yang memperhatikan ( mentadabburi) Al qur’an, ia akan mendapatkan( menemukan) barokah ( keberkahan). Karena Allah SWT berfirman

 كتاب أنزلناه إليك مبارك

 “Ini adalah sebuah Kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah”

didalamnya terdapat keberkahan dan kebaikan.

Ustadz uril : jadi, seseoran (muslim) tidak akan bisa memahami Al qur’an kecuali dengan mempelajri bahasa Arab.

Ustadz bakri : iya.

Ustadz uril : ini benar, baik. Apakah ada manfaat yang lain?

Ustadz bakri : iya, dengan itu ( mempelajari bahasa Arab) dapat memahami sunnah nabi Muhammad SAW, yang mana didalamnya terdapat hukum-hukum syari’at . dengan memahami bahasa Arab, mengantarkan kita dalam memahami sunnah nabi Muhammad SAW.

Ustadz uril : baik, karena hadist dan sunnah juga ditulis dengan bahasa Arab. Maka kalau seseorang ingin memahami sunnah dan hadist, artinya harus mengetahui ( mempelajari) bahasa Arab juga?

Ustadz bakri : iya.

Ustadz uril : apakah ada manfaat lainnya ?

Ustadz bakri : iya, apabila kita telah memahami sunnah nabi Muhammad SAW, dan memahami Al qur’an, kita memahami hukum-hukum yang bersumber dari keduanya. ( diulangi lagi oleh beliau). Dan apabila kita telah memahami hukum-hukum maka akan memudahkan kita dalam mengamalkannya. Dan itu adalah sesuatu yang dicari oleh orang muslim.

Ustadz uril : ini ( pembahasan) manfaat yang banyak, jika kita mempelajari bahasa kita bisa mendapatkan kemanfaatan dari hal-hal ini.kita orang-orang Indonesia, apakah ada manfaat khusus orang Indonesia ketika mempelajari bahasa Arab?

Ustadz bakri : iya, karena bahasa Arab adalah bahasa yang luas, banyak rakyat( kalangan) yang berbicara menggunakan bahasa Arab. Dengan itu, ketika kita sebagai orang Indonesia mempelajari bahasa Arab , terdapat tambahan hasil( manfaat) yaitu bahasa yang baru, tambahan pengetahuan yang baru, ilmu-ilmu baru.

Ustadz uril : baik, jadi diantara manfaat mempelajari bahasa Arab, yaitu bahwa sesunggunya bahasa Arab adalah bahasa pembuka pengetahuan dan sumber dari sumber-sumber pengetahuan.

Ustadz bakri : begitu juga bahasa Arab menjadi sarana yang menghubungkan antar bangsa ( rakyat).

Ustadz uril : iya,  dunia saat ini seperti satu desa. Kita tidak bisa berhubungan( sosial) dengan dunia ( orang-orang dipenjuru dunia) kecuali dengan bahasa.

Ustadz bakri: iya, jika kita punya bahasa.( mengetahui dan memahami suatu bahasa)

Ustadz uril : dan diantaranya bahasa Arab

Ustadz bakri : iya.

Ustadz uril : terimakasihh wahai doktor,  ini adalah manfaat- manfaat yang luar biasa. Dan semoga para pendengar bisa mengambil manfaat dari pertemuan ini. Semoga Allah membalas kebaikan anda dan sampai jumpa di kesempatan selanjutnya. Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh


(sumber: video berbahasa Arab dalam chanel youtube Uril Bahruddin)
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar