Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

SUARA HATI GOOD GUY

Oleh: Baedt Giri Mukhoddam Billah


 Orang jahat ialah orang baik yang terseakiti. Seperti itulah dialog sang karakter utama pada film The Joker yang rilis pada tahun 2019. Film ini telah memborong beberapa banyak penghargaan dari acara Oscar, mulai dari pemain, skenario, latar dan banyak lagi, yang kemudian menjadikannya salah satu film terbaik di tahun 2019.

 Pada mulanya, semua orang itu pasti cinta dengan kedamaian, penggemar setia keadilan, dan fanatis terhadap kebaikan. Sejahat-jahat nya setan pun bermula dari makhluk yang paling taat dengan Allah. Jadi pastinya ada sebab-sebab tertentu yang membuat seseorang tersebut menjadi personal yang buruk ataupun jahat.

 Kebanyakan orang-orang yang pada mula nya baik yang kemudian menjadi jahat ialah keadaan yang memaksanya ia untuk melakukan hal tersebut. Contoh saja seorang ayah bersama satu istri dan anaknya, kemudian sang ayah ingin mencari suatu pekerjaan untuk menghidupi keluarganya tersebut. Berselang 1 bulan sang ayah pun masih belum mendapat pekerjaan nya, disamping itu istri dan anaknya sedang kelaparan karena belum ada sepeser pun hasil yang didapat oleh sang ayah. Sebagai pemimpin sang ayah merasa sangat bersalah atas keresahan dari anak dan istrinya. Setelah itu timbul lah pemikiran-pemikiran untuk menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang untuk anak dan istrinya, karena pikiran sang pemimpin hanyalah satu, yaitu kesejahteraan kaumnya.

 Dari peristiwa tersebut sang ayah tidak lah patut sepenuhnya disalahkan. Masih ada banyak pihak diluar sana yang lebih bersalah dari sang ayah tersebut. Mulai dari tetangga, teman, perusahaan yang didatangi sang ayah hingga pemerintah kota bahkan pusat, kemana kah mereka ? kemana gagasan mereka yang telah dilontarkan pada awal mula pengenalan mereka. Apa masih layak disebut dengan teman. Harusnya teman saling menolong satu sama lain. Bahkan Islam juga menomor satukan tolong menolong.

 Selain orang baik yang menjadi jahat. Tak sedikit juga yang bertahan atas kebaikannya, dan terus berjuang untuk mempertahankan prinsip yang dianutnya tersebut. Seperti cerita diatas, ujian orang baik pasti sangat lah berat, dan yang paling berat ialah berusaha terlihat baik baik saja yang pada saat itu ia berada dalam keadaan yang sangat jatuh, yang semata-mata hanya untuk menjaga kebahagiaan orang disekitarnya. Orang baik seperti ini lah yang harus dijaga dan kita temani, jangan sampai ia kehilangan arah dan berubah menjadi jahat.
 Biasanya orang baik yang seperti ini mempunya nasib layaknya padi, semakin berisi, semakin merunduk. Kemudian berujung ditumbuk-tumbuk (الفتة, 2020 ). Segala pekerjaan besarnya, ketika diketahui hanya kesalahan kecil, ia akan disalah kan sebesar pekerjaan besarnya itu sendiri. Seakan-akan tidak adil.... tapi dibalik itu Allah sangat mencintai hamba tersebut. Semakin baik orang tersebut, semakin besar juga orang itu diuji.

 Hendaklah kita meilirik saudara saudara kita yang seperti ini, karena akan sangat disayangkan ketika perbuatan nya tersebut tidak dihargai sama sekali atau malah kita hancurkan selebur leburnya. Bayangkanlah, sudah sesedih apa yang ia alami, sesakit apa yang sudah ia rasakan, sedalam mana luka yang ia derita. Ia tidak akan mengharap banyak kok, ucapan terima kasih pun sudah sangat cukup bagi dia. Apalagi kalian bersedia menemani dalam perjuangan nya dalam menyebarakan kebaikan.
 #savegoodperson



Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar