Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

MERAWAT PRINSIP dan TUJUAN

       

 Inayatul Maghfiroh

Dalam menjalani kehidupan, setiap orang sudah pasti akan dihadapkan dengan berbagai pilihan, meskipun pada hakikatnya setiap yang terlahir sudah dibubuhi takdir masing-masing. Pada setiap hal yang akan dilakukan seseorang kerap kali berupa pilihan, misalnya ia berhak memilih untuk bekerja dengan berbagai macam profesi yang sudah tersedia, atau contoh lainnya seseorang berhak memilih untuk belajar suatu hal, seperti halnya saya sebagai seorang mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab, yang pada semester VII diharuskan memilih salah satu mata kuliah peminatan. Adapun mata kuliah peminatan terdiri dari 3 macam yaitu, ALA, Media, dan Jurnalistik. Setiap orang yang memilih untuk melakukan sesuatu atau memilih pada sesuatu apapun, sudah pasti ia memiliki alasan kenapa ia memilihnya. Seperti halnya saya memilih mata kuliah peminatan Jurnalistik yang artinya saya juga akan mendalami tentang bagaimana menulis naskah junalistik, lalu bagaimana menerjemahkannya ke bahasa Arab ( karena resiko berada di jurusan bahasa Arab), kemudia dilanjutkan belajar bagaiman cara mempublishnya.

Beberapa alasan saya mengambil mata kuliah peminatan Jurnalistik yaitu, alasan asas ( yang mendasari) saya berpikir sebagai kegunaan jangka pendek pada awalnya, maksudnya bagaimana? Saya berpikir ketika saya mengambil mata kuliah peminatan Jurnalistik dapat menunjang dan memudahkan saya dalam mengerjakan proses mengerjakan proposal penelitian atau bahkan ke jenjang perskripsian, saya menganggap dengan mengambil mata kuliah peminatan ini saya mulai melatih diri saya untuk membiasakan berpikir realistis, objektif, dan logis. Dimana hal tersebut sangat mendukung dalam melakukan penelitian. Bukan hanya itu, saya bisa melatih lebih awal menerjemahkan suatu tulisan dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab, yang pada nantinya akan saya terapkan ketika menulis proposal penelitian ataupun menulis skripsi sebagai tugas akhir mahasiswa pada umumnya. Selain itu, dalam melakukan pnbelitian kerap kali untuk mendapatkan informasi beserta datanya dilakukan dengan cara wawancara, dengan mengambil mata kuliah peminatan Jurnalistik saya bisa belajar terlebih dahulu bagaimana cara wawancara yang benar, kode-kode etiknya, trik-triknya, dan hal lainnya yang berada dalam ruang lingkup wawancara. Tidak hanya sampai disitu, saya juga bisa mulai belajar mengukur apakah tulisan-tulisan saya sudah layak untuk dibaca khalayak umum, mata kuliah peminatan jurnalistik menyediakan ruang belajar melalui mata kuliah cabangnya yaitu Reportase dan Publishing. Semoga saya bisa mencapai tujuan-tujuan saya yang menjadi alasan saya memilih mata kuliah peminatan Jurnalistik ini. Amin

Sebagaimana tadi sudah saya sampaikan, selain saya memiliki alasan kemudian menjadi tujuan yang sifatnya jangka pendek, saya juga sempat terfikirkan bahwa dengan mengambil mata kuliah peminatan Jurnalistik dapat memperoleh kemanfaatan jangka panjang yaitu, dengan semakin terbiasa memahami berbagai macam permasalahan saya merasa dengan cara-cara yang dipelajari dalam materi Jurnalistik khusunya pada Reportase dan Publishing akan menjadi suatu hal yang perlu dilestarikan, sebagaimana kita harus menayakan minimal 5W+1H setiap kali ingin menganalisis masalah, sehingga apabila dipraktikkan dalam menghadapi permasalahan dalam kehidupan akan sangat berguna bahkan membantu menjadi pribadi yang lebih hati-hati dalam menyikapi setiap permasalahan kehidupan, dengan itu pula kita juga berusaha menjadi pribadi yang lebih santai dalam menghadapi masalah kehidupan, karena sudah belajar bagaimana cara menyelidiki masalah beserta bagaimana menganalisinya sehingga akan lebih mudah menemukan solusinya tanpa harus terlalu berpusing-pusing terlalu lama. Kenapa saya mengatakan sebagai tujuan dalam jangka panjang, karena hal ini akan terus berguna hingga akhir hayat kita, sebab akan selalu ada persoalan kehidupan selama kita masih hidup.

Namun, tetap tidak bisa dipungkiri setiap hal memiliki sisi positif dan negative masing-masing, namun dalam proses pembelajaran ini belum menemukan hal itu. karena mungkin belum praktek secara langsung. Demikian alasan-alasan yang bisa saya paparkan terkait apa saja alasan saya memilih mata kuliah Jurnalistik sebagai mata kuliah peminatan saya, semoga saya bisa mencapai tujuan-tujuan mempelajarinya, dan lebihnya bisa mengaktualisasikannya. Amin..



Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

1 komentar:

  1. Ceritanya mudah di pahami,enteng untuk dibaca.
    Saya bukan pembaca, tapi suka dan menikmati artikel nya meski ada beberapa kesalahan penulisan kata. Di tunggu artikel selanjutnya kakak, semongko...

    BalasHapus