Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

BE YOUR SELF

Achsanul Fikri Arrizki

            Kita semua pasti pernah melakukan hal yang entah secara sengaja maupun tidak sengaja menyakiti diri sendiri, baik itu dari segi fisik maupun mental. Kita pasti pernah kagum dengan seseorang dan itu normal its totally normal. Tapi tahu gak sih kalo itu bisa bikin mental kita jatuh dan ngerusak mental kita sendiri? Kita pasti pernah kagum banget sama orang sampe bilang “ kok bisa ya dia kayak gitu?” “wah dia ganteng/cantik banget” “dia kok bisa ya pinter banget?”. Itu normal banget kalo itu bisa bikin semangat kita jadi makin naik dan makin terpacu untuk memperbaiki diri. Tapi kalo sebaliknya? Jadi insecure, gak pede dan malu untuk tampil sampai bikin kita stres, down, dan ngerasa gak layak untuk jadi seperti mereka itu sudah hal yang kelewat batas dan gak baik untuk diri kita sendiri. Kita boleh kok membandingkan diri sendiri sama orang lain selama itu bisa bikin kita jadi lebih baik lagi and don’t too much jude cause its bad for you.

            Lalu apa yang harus kita lakukan? Berangan-angan saja atau harus memulai bertindak untuk membuat perubahan? Pilihannya ada dua : pertama, kita bekerja lebih giat dan lebih keras seperti apa yang mereka lakukan untuk mencapai dititik seperti apa yang mereka capai. Kedua, kita jadi diri sendiri dan ngembangin potensi diri.

            Kita gak pernah tahu apa yang mereka lakukan untuk bisa sampai dititik mereka berada. Kita gak pernah tahu seberapa besar usaha mereka untuk berhasil. Dan kita gak tahu mungkin mereka rela begadang semalaman, rela ngurangin makan, rela kerja siang dan malam hanya untuk sampai dititik tertentu yang bikin mereka berada di atas. So, kalo kita gak pernah bekerja dan berusaha seperti apa yang mereka lakukan kita gak berhak buat bandingin diri kita dengan apa yang sudah mereka capai (itu penghinaan namanya). Kalo kita gak bisa bekerja dan berusaha seperti mereka , maka lupakan cara yang pertama ini.

            Cara yang kedua adalah cara yang sangat dianjurkan karena kita tak perlu meniru kebiasaan orang dan bisa bikin kita lebih menggali potensi diri. Kita bisa jadi lebih leluasa untuk menjadi diri sendiri dan berhenti memiliki kebiasaan insecure dan membandingkan diri dengan orang lain. Kita semua paham dan setuju bahwa setiap manusia itu unik dan memiliki keunikannya masing-masing. Kita juga gak asing dengan kata-kata motivasi yang sangat masyhur yaitu be your self dan kita juga gak asing dengan quote dari yang digagas oleh Albert Einstein yang bilang bahwa setiap manusia itu jenius, jika kita meminta seekor ikan untuk memanjat pohon maka selamanya dia akan merasa bodoh. Kita semua setuju dengan kata motivasi yang hebat ini, lalu pertanyaannya adalah how to be our self? And how to do that? Gimana caranya kita bisa jadi diri sendiri? Jawabannya hanya satu kata yaitu CARI. Kita gak mungkin tahu apa potensi diri kalo kita gak pernah mau nyari. Jangan pernah berharap untuk mencapai titik tertinggi dan berhasil hanya dengan berangan-angan saja. Kalo kita gak pernah mau nyari apa passion kita, gak pernah nyari apa potensi terbesar kita, dan apa nilai plus yang ada dalam diri kita, kita gak bakal bisa maju dan grow up.

            Gimana cara nyarinya? Gimana cara kita menggali potensi diri kita? Ada banyak sekali hal yang bisa jadi batu pijakan untuk menggali potensi terbesar diri, salah satunya adalah mencoba hal baru, mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi, komunitas, maupun mempelajari hal baru lewat kursus yang marak di berbagai tempat. Semua itu bisa menjadi batu pijakan kita untuk berkembang dan berkembang. Selama ada kemauan untuk mencari pasti kita akan sampai pada titik yang kita cari. Pertanyaannya, mau gak kita menggali potensi diri kita? tau gak kita ngabisin waktu untuk fokus nyari passion kita? Atau kita hanya pasrah dan menunggu waktu berjalan beegitu saja, atau yang lebih buruknya lagi menghabiskan waktu dengan hal yang sia-sia tanpa ada suatu usaha. Semua itu terserah pada anda.



Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar