Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

PENTINGNYA MENJAGA SISTEM IMUN DALAM TUBUH


Oleh: Siti Laila ‘Ainur Rohmah

     Tidak hanya raja yang mempunyai prajurit untuk menjaga keamanan kerajaan, tetapi tubuh manusia pun mempunyai sistem pertahanan yang tak kalah kuat yakni “sistem imun” atau akrab disebut dengan sistem kekebalan tubuh. Menurut KBBI, pengertian “sistem” adalah perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Sedangkan “imun” mempunyai arti kebal terhadap suatu penyakit. Sehingga kalau keduanya digabung mempunyai makna sel-sel dan banyak struktur biologis lainnya yang bertanggung jawab atas imunitas, yaitu pertahanan pada organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh patogen.

     Di dunia bahkan di Indonesia sendiri kini sedang dihebohkan dengan adanya virus covid-19 yang mudah menyerang seseorang dalam kondisi imun yang lemah. Walaupun tidak selalu seperti itu, karena orang yang terlihat segar bugar pun, dapat terserang virus covid-19. Sudah tidak diragukan lagi betapa ganasnya virus tersebut menyerang penduduk dunia hingga banyak korban meninggal dunia olehnya. Tetapi yang perlu kita fahami, tentang menurunnya sistem imun ini tidak hanya memicu virus covid-19 datang, melainkan segala jenis penyakit akan dengan mudah menjangkiti seseorang yang imunnya melemah. Kondisi seperti ini kerap terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang disebut sebagai sistem pertahanan tubuhnya sedang menurun. Sehingga banyak juga kita temukan orang yang terkena sakit komplikasi.

     Sangat miris sekali dan pastinya mengundang kesedihan kalau mendengar berita orang yang sakit sampai meninggal gara-gara virus. Wujudnya yang tidak terlihat dengan kasat mata, tiba-tiba menyerang tubuh yang lemah. Makanya, dengan adanya sistem imun ini menjadi garda terdepan menangkis virus-virus, bakteri dan kuman yang hendak masuk dalam tubuh. Sistem imun ini ibarat tameng yang kuat dimana jika virus-virus itu datang, akan terpental jauh. Sehingga tubuh terbebas dari segala virus, bakteri dan kuman yang dapat memicu datangnya penyakit.

     Oleh karena itu, kita semua wajib menjaga kesehatan tubuh kita terutama sistem imun dalam tubuh. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, karena sistem imunitas atau kekebalan tubuh mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan. Usaha yang dapat dilakukan yakni dengan menerapkan pola hidup sehat,  seperti makan-makanan bergizi, istirahat yang cukup, olahraga yang teratur, suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh, dan yang terpenting adalah selalu berdo’a meminta perlindungan kepada Allah swt dari segala marabahaya dan penyakit. Kalau tubuh sehat, maka segala pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah. Dalam beribadah pun seseorang akan bisa lebih khusyuk dan tenang.

Lebih baik mencegah, daripada mengobati..
Akal yang sehat, berasal dari jasad/fisik yang sehat..


Malang, 30 Maret 2020
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar