Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

AKU dan DUNIA


Oleh: Bagus Isnu. H

"Aku adalah bagian dari dunia sedangkan dunia beraneka ragam isinya"


Aku adalah manusia yang sejatinya hamba yang tidak luput dengan salah, salah membawa artian nama dosa. Hal yang menarik, ketika sudah mengetahui bahwa salah bisa menimbulkan dosa tapi tidak mempengaruhi pandangan dari beberapa manusia, terasa hanya sepintas rumor dan bahkan menganggap tidak real. Fikiran yang mulai di penuhi halu yang tidak berarah yang mengakibatkan mudahnya terkontaminasi bisikan iblis.

Dalam ajaran islam manusia diciptakan bukan untuk pengangguran selayaknya hewan, tapi diberi emban sebagai bentuk pengabdian. Peran manusia yang terkandung dalam surat Al-baqoroh ayat 30 di jelaskan:
وإذ قال ربك للملئكة إني جاعل في الأرض خليفة، قالوا أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء ونحن نسبح بحمدك ونقدسلك، قال إني أعلم ما لا تعلمون.
Ayat diatas adalah asal muasal terciptanya manusia pertama kali yaitu Nabi Adam, itu pun terjadi tawar menawar dari pihak nur (malaikat) dengan Dzat Agung. Dan tugas yang dibawah manusia adalah menjadi pemimpin di dunia, yang berarti mengontrol keadaan, mengelola bahan alam untuk bekal di kehidupan (seperlunya) dan menjaga kemakmuran alam.

Tapi tak semudah itu untuk menjalankan amanah tersebut, karena disetiap ada yang menjadi pemimpin dipsatikan akan ada oposisi yang dimana berperan untuk menjatuhkan, yaitu iblis. Maka dengan itu iblis selalu mengkelabuhi hati dan fikiran manusia agar tidak bisa kembali ke surga entah bagaimana itu caranya.

Adapun peran selanjutnya bagi manusia yang mendapatkan perintah sholat yang dimana impek kepada manusia agar merasa tenang, bisa bermediasi dan senantiasa selalu dalam karuniaNya. Termaktub dalam surat Adz-dzariyat ayat 56:
وما خلقت الجن والإنس إلا ليعبدون
Kandungan didalam ayat tersebut yang sebagaimana dilansir di web www.pelajaran.co.id yaitu; sebagaimana manusia dan jin yang telah diciptakan hanya untuk menyembahNya, menyembah Allah adalah ibadah, baik berupa ibadah khusus (mahdah) atau ibadah umum  (ghairu mahdah), bentuk komitmen kepada syariat atau tatanan islam dalam kehidupan yang menjadi agama yang di ridhai Allah yang terwujud melalui ritual islam yaitu rukun islam.

Sedangkan dunia ini menjadi sebuah hamparan isi yang ada didalamnya. Bukan semata-mata menjadi yang pertama, karena dipicu dengan tampilannya yang terpandang istimewa. Kutipan dalam Al-QuranPedia.Orang Dunia adalah tempat persinggahan sementara. Kita kelak akan meninggalkan dunia sementara ini. Dan tidak pantas jika dunia mendapat perhatian utama dan melalaikan kehidupan akhirat yang perlahan semakin mendekat. Jadikan dunia hanya sebagai ladang menanam dan permainan saja, jangan sampai terpedaya dengan rayuan manisnya. 


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar