Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

STAGNASI PENGETAHUAN



Oleh: Neng Sumiyati

           Di tahun 2020 ini banyak sekali tren-trend hangat dan juga membumi yang sebenarnya bersumber dari keluhan ala generasi millenial yang membanjiri laman media sosial kita. Dari rebahan vibes, bucin hingga sebutan unik lainnya. Sampai-sampai hal tersebut merambah kepada game yang akhir-akhir ini digemari oleh kaum millenial, bukan PUBG, konon itu sudah kuno, yang terbaru sampai-sampai ada ungkapan begini "bentar eh, udah satu juta nih", kalo yang tidak terbiasa pasti bisa terheran-heran apa maksudnya si penutur tersebut, termasuk saya sendiri, yang mana ternyata  setelah ditelusuri seseorang tersebut sedang bermain game Worms Zone atau disebut juga sebagai permainan cacing.
         Hal lain yang membanjiri laman media sosial kita saat ini adalah Tiktok.sudah tidak asing lagi bukan dengan yang satu ini ? Apalagi dengan berita hangat kali ini, jika para petinggi seperti para gubernur DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan asyiknya memperagakan gaya Tiktok untuk menghibur para tamu undangan pada acara yang diadakan oleh Najwa Shihab.
         Dari hal-hal yang menjadi viral tersebut, sadar tak sadar bahwa kali ini kita dikalahkan oleh telepon cerdas kita sendiri. Kita sudah dikuasai oleh telepon cerdas? Atau kita yang menguasainya? Jawabannya ada pada benak masing-masing tentunya. Karena hal tersebut jangan sampai kita mengalami stagnasi pengetahuan, bagaimanapun pendidikan harus menjadi prioritas utama, yang mana juga akan berperan sebagai nahkoda kita sebagai manusia.
        Lalu apa itu stagnasi pengetahuan? Stagnasi sendiri memiliki makna sebagai Suatu kegiatan yang terhenti, tidak bergerak dan tidak aktif.Jika kita tinjau kata ini dengan mengaitkannya dengan kejadian masa lalu pada saat kejayaaan kekhalifahan Islam terakhir yaitu kekhalifahan Turki Utsmani.
        Lalu apa kaitannya stagnasi pengetahuan dengan kekhalifahan Turki Utsmani? Kaitannya adalah mengenai kejayaan mereka yang runtuh, dan penyebabnya antara lain adalah stagnasi pengetahuan.Pada saat itu yang terjadi adalah mereka yang berfokus diri pada bidang kemiliteran, perluasan wilayah namun tidak memperhatikan kualitas dari pengetahuan yang sebenarnya sangat harus diprioritaskan itu.
       Dari kejadian tersebut kita bisa belajar, bahwa kualitas pendidikan yang akan menunjang ilmu pengetahuan kita harus semakin berkembang, harus sama eksisnya dengan Tiktok misalnya, Bagaimana tidak? Karena sumber-sumber yang menunjang ilmu pengetahuan kita sudah sangat mudah dicari, misalnya dengan adanya Ipusnas, atau sumber - sumber buku lainnya.
            Hei millenial belajar dari pak Haerul seorang montir yang viral akhir – akhir ini karena bercita - cita untuk membuat pesawat serta menerbangkannya dengan karya sendiri, yang mana akhirnya terwujud dengan bekal antara lain juga belajar dari konten-konten youtube yang membahas tentang pesawat, yang harus kita sadari beliau adalah seorang laki-laki berkeinginan tinggi dan hanya lulusan SD. Tapi walaupun tidak mengenyam di pendidikan tingkat selanjutnya, beliau dengan tekunnya selalu berlatih dari ilmu sebagai propesinya sendiri serta kegigihan beliau dengan memanfaatkan youtube sebagai media belajarnya. Beliau memaparkan dalam beberapa acara bahwa berkali-kali gagal  untuk merakit serta menerbangkan pesawatnya tersebut, belajar dari kisah beliau, yang mana mengajarkan kita jangan sampai terjadi stagnasi pengetahuan.


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar