Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

LUNAG (WALUH NUGET) DARI HOBI MENJADI INSPIRASI



Oleh: Savinatul Jannah
 
Program kegiatan UIN Mengabdi 2020 dimulai tepat tanggal 29 Desember 2020. Kami selaku paserta UIN Mengabdi 2020 mendapat nomor urut ke 28 yang berlokasi di Dsn. Baran, Ds. Urek-Urek Kec. Gondang Legi Kab. Malang sekitar 1 jam dari kampus. Sebelum menuju hari H memang kelompok kami telah mempersiapkan banyak hal untuk kelancaran berbagai kegiatan yang akan dilakukan selama 30 hari di tempat kami KKM. Salah satu diantaranya adalah pembagian devisi dan perencanaan kegiatan setiap devisi yang ada. Kebetulan saya tergabung dalam devisi ekonomi dan sosial.
Devisi ekonomi dan sosial memang cenderung mengembangkan dalam bidang ekonomi kreatif di tempat kami KKM. Diantara tiga program kegiatan ada satu program kegiatan yang menarik yaitu pembuatan produk inovatif. Alhamdulillah sedikit bekal pembuatan produk ketika dulu di jenjang sebelumnya sedikit banyak memberi pengaruh mulai dari perencanaan produk, peluang, promosi hingga penjualan produk tersebut. Produk inovasi yang akan kami produksi adalah waluh nuget.
            Melihat harga jual labu kuning yang rendah dan mudah didapat dipasaran menjadi salah satu alasan kuat kami melakukan inovasi terhadap labu kuning atau yang di Jawa dikenal dengan Waluh. Di pasar dengan harga Rp. 15. 000,00 sudah bisa mendapatkan labu kuning dengan ukuran yang cukup besar. Selain itu untuk pembuata nuget labu kuning tidak membutuhkan bahan yang ribet dan proses memasak yang mudah. Bahan yang dibutuhkan cukup dengan menyediakan labu kuning (waluh), tepung terigu, tepung tapioka, tepung panir, susu kental manis dan garam serta pengolahan yang mudah.
            Sedangkan untuk promosi produk nuget waluh kami berkoordinasi dengan ibu-ibu PKK desa Urek-Urek dengan melakukan demo cara mengolah labu kuning menjadi  nuget yang dilakukan secara massal. Harapan kami dengan adanya acara tersebut dapat menginspirasi masyarakat desa Urek-Urek dalam membuat produk inovatif dari bahan labu kuning yang dapat dibeli dengan harga terjangkau. Selain itu harapan kami terbesar adalah dengan adanya produk inovatif bisa meningkatkan ekonomi masyarakat desa Urek-Urek.


 


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar