Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

KEPULAUAN ITU MILIK INDONESIA!


Oleh Krisna A. Putra

Salah  satu kepulauan terluas Indonesia dan menjadi bagian yang sangat strategis Negara  kita adalah kepulauan natuna. Mungkin akhir-akhir ini masyarakat Indonesia sangat mengenal pasti mengenai kepualauan ini karena isu hangat atas klaim china terhadap kepulauan natuna yang masuk kedalam gari sputus-putus laut china selatan. Namun  apakah kita semua  tahu sejarah mengenai natuna  yang sebagian besar wilayah hanya berada di Negara tetangga kita; Malaysia. Dan mengapa baru saat ini pemerintah mulai memperhatikan  posisi natuna sebagai wilayah Republik Indonesia bahkan pemerintah sangat gencar melakukan pembangunan serta meningkatkan fasilitas yang ada di natuna.

Seperti yang kita ketahui  kepulauan natuna berada sangat terluas dari wilayah Indonesia dan bahkan kepulauan itu lebih dekat dengan Negara tetangga kita Malaysia. Posisinya yang sangat dekat dengan Malaysia membuat penduduk kepulauan  natuna banyak menggunakan bahasa melayu, dan  sebagian komoditas  pekerjaan  masyarakatnya adalah sebagai nelayan  karena wilayahnya yang didominasi oleh lautan.

Mengulas kembali  sejarah natuna yang sudah menjadi bagian NKRI sejak 1945 membuat sebagian orang bertanya  kenapa natuna tidak  menjadi bagian Malaysia yang jaraknya  lebih dekat dengan negaraitu, hal yang harus  kita ketahui adalah pada tahun 1945 negara kerjaan Malaysia belum mencapai  kemerdekaannya dan atas dasar kerajaan riau yang memasukan natuna ke wilayah Indonesia memperjelas bukti bahwa natuna  adalah  milik Indonesia. Selain kemerdekaan Indonesia yang lebih dulu dibandingkan oleh Negara kerajaan Malaysia dalamhal ini Malaysia juga tidak mempermasalahkan kepastian kepualauan  natuna sebagai wilayah Indonesia dan mendukung serta ikut menyatakan bahwa natuna adalah bagian dari wilayah NKRI serta  saling memperkuat kerjasama antar kedua negara di wilayah tersebut.

Dalam sejarahnya kepulauan natuna mendapat banyak tekanan dari  Negara tetangga  kita  namun dalam hal  ini bukan  Malaysia melainkan Negara seperti Vietnam, Filipina, dan China  beberapa kali melakukan klaim terhadap kepualuan ini. Kepuluan natuna dulunya  kurang mendapatkan perhatian  pemerintah Indonesia sampai akhirnya pemerintah sadar bahwa natuna  merupakan salah satu  sumber  daya alam Negara ini. Banyaknya tekanan dan klaim tersebut akhirnya membua tpemerintah melakukan respon cepatnya dan mulai melakukan perhatian lebih terhadap kepulauan Natuna.

 Saat ini natuna telah di bangun pangkalan militer berintegritas tinggi yang di hadirioleh 3 matra TNI baik dari darat, udara, dan laut. Menteri KKP tidak mau  kalah untuk ikut serta berkontribusi terhadap pulau natuna yang membangun  pengelolaan sumber daya laut modern bekerjasamadengan Negara Jepang. Semua hal ini merupakan bagian kepedulian pemerintah dalam memberikan bukti nyata bahwa KEPULAUAN ITU ADALAH MILIK KITA! Yang harus kita kelola dan jaga bersama. Namun, apakah semua ini harus terjadi menunggu ada klaim dan tekanan  dari luar terlebih dahulu?   Saya rasa Negara ini harus bertindak lebih cepat sebelum hal yang buruk terjadi, mungkin natuna salah satu kepualuan Indonesia yang sangat diinginkan oleh negara lain. Masih banyak di luar sana kepuluann egaraini yang mungkin sudah di incar danakan di caplok. Bila sebuah pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati maka dari itu mulailah memperhatikan sebelum semuanya terlambat.

Generasi muda harusnya sadar bahwakita hidup di Negara ini bukan hanya sebagai  seorang masyarakat yang hanya menikmati kekayaannya saja tapi tugas kita melestarikan, mempromosikan serta menjaga keutuhan NKRI bersama-sama. Jangan biarkan nilai-nilai pancasila  dalam diri kita luntur hanya karena mengagumi budaya orang lain dan negara orang lain sampai lupa bahwa banyak hal yang harus kita jaga dari Negara tercinta ini.

#SalamLiterasi
#NKRI HargaMati




Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar