Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

JADILAH PRIBADI YANG PENYAYANG


Oleh Rian Ferdian

Salah satu akhlak terpuji yang diajarkan Rasulullah SAWnadalah memiliki sifat kasih sayang, bukan hanya kepada manusia, tetapi kepada seluruh makhluk yang ada di muka bumi ini.Rasulullah SAW pernah bersabda :
الرَّاحِمُوْنَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمنُ اِرْحَمُوْا مَنْ فِي الْأَرْضِ يِرْحَمْكُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ
“Allah akan menyayangi orang-orang yang memiliki sifat penyayang, sayangilah makhluk-makhluk yang ada di bumi, niscaya makhluk-makhluk yang ada di langit akan menyayangi.”

Ada sebuah kisah yang diceritakan dalam kitab Usfuriyyah, disana diceritakan bahwasanya sayyidina Umar pernah melihat anak kecil sedang memainkan burung ditangannya, melihat hal itu membuat sayyidina Umar bin Khattab merasa kasihan kepada burung tersebut, akhirnya beliaupun membeli burung itu dan melepaskannya ke udara. Kemudian tatkala sayyidina Umar wafat, sebagian orang banyak yang memimpikan beliau, di dalam mimpi itu mereka pun bertanya kepada sayyidina Umar tentang keadaannya, “apa yang Allah lakukan kepadamu?”. Sayyidina umar pub menjawab “Allah mengampuni dosa-dosaku”. Mereka pun kembali bertanya “dengan sebab apa Allah mengampunimu, dengan kedermawanan, keadilan atau kezuhudanmu?”. Sayyidina Umar pun kembali menjawab “tatkala kalian meletakkanku di dalam kubur, lalu menutupku dengan tanah, kemudian meninggalkan ku sendiri, maka datanglah dua malaikat yang sangat menatkutkan, yang membuat ku bingung dan gemetaran, kedua malaikat itu pun mendudukanku dan ingin memberikan pertanyaan, tetapi tatkala kedua malaikat tersebut hendak bertanya kepadaku, terdengar suara tinggalkan hambaku dan jangan takuti dia, sesungguhnya aku telah memberi rahmat kepadanya, dan membebaskannya karena ia menyayangi seekor burung ketika di dunia, maka aku memberi rahmat kepadanya di akhirat”.


Jadi kita harus dari kisah tersebut, kita mendapatkan ibarah bahwasanya kita harus mempunyai sifat kasih dan sayang terhadap sesama mahkluk-Nya. Terutama,terhadap manusia khususnya. Karena  dengan begitu kita akan mendapatkan rahmatnya Allah SWT, serta para Malaikat yang ada di langit yang jumlahnya lebih banyak dari pada penduduk di bumi akan mengasihi kita.   


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar