Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

BERCERITA TENTANG DUNIA PENDIDIKAN


Oleh: Nurmiati Habib

            Beberapa hari belakangan masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kejadian yang terjadi di Sleman Yogyakarta yakni kegiatan yang di adakan oleh  Organisasi Pramuka SMPN 1 Turi yang melaksanakan jelajah alam dengan memyusuri sungai Sempor yang berada di daerah Bantul. Kegiatan ini ditujukan untuk mendekatkan siswa terhadap alam dengan memperkenalkan kehidupan di sekitar sungai. Naasnya ditengah kegiatan tersebut terjadilah banjir di hulu yang menyebabkan volume air di kawasan sungai menjadi naik. Dari sinilah terjadi tragedi yang mengakibatkan banyak siswa  terjebak dengan kepungan air yang mengalir dengan begitu derasnya. Mereka berusaha untuk menyelamatkan diri masing-masing dan juga teman yang berada di sampingnya. Masyarakat sekitar yang mendengar jeritan suara anak-anak yang meminta tolongpun langsung bergegas menyalurkan bantuan untuk membantu para anak-anak yang terjebak derasnya curah air yang mengalir. Hingga hari ini tiga orang tersangka sudah di tetapkan dan sepuluh orang siswa dinyatakan meninggal dunia.
            Menelisik tragedi lain di dunia pendidikan yang terjadi bulan lalu. Sekolah yang seharusnya menjadi tempat ternyaman untuk bersosialisasi dengan teman-teman kini menjadi momok tersendiri bagi para pelajar yang menjadi korban bully oleh temannya sendiri. Salah satu sekolah menengah pertama di Malang Jawa Timur menggegerkan dunia pendiidkan dengan tersebarnya video viral yang menujukan terjadinya kasus pembulian. Kejadian ini  menyebabkan satu orang menjadi korban dan harus menjalani perawatan serius di rumah sakit. Hal ini membuat pilu karena jari tangan anak tersebut terancam diamputasi. Tujuh orang yang menjadi pelaku harus melakukan pemeriksaan oleh pihak yang berwajib. Hingga saat ini korban masih mengalami trauma yang sangat berat.
            Beberapa tahun lalu seorang siswa yang memukuli gurunya sendiri hingga menyebabkan guru tersebut meninggal dunia. Ada lagi kasus yang tersebar di dunia media sosial, video yang memperlihatkan seorang guru yang memukuli siswa karena datang terlambat ke Sekolah. Kasus lain juga menimpa seorang guru yang harus menjadi korban oleh wali murid karena kebijakannya untuk tidak menaikan kelas beberapa siswa, justru menjadi boomerang bagi dirinya sendiri karena harus mendapatkan perlakuan yang tidak baik oleh para wali murid yang tidak terima jika anaknya harus mengulang kelas kembali.
 Dari beberapa kasus kejadian yang terjadi dalam dunia pendidikan menyebabkan banyaknya tenaga pendidik maupun siswa yang menjadi korban. Kompetensi pembelajaran yang sudah terangkai sedemikian rupa sehingga menjadi rujukan dalam proses belajar mengajar, nyatanya terkesan belum adannya penerapan yang sesungguhnya. Pendidikan karakter dan moral yang seharusnya menjadi pegangan  setiap siswa dan para pendidik, kini banyak di salah artikan. Degradasi moral yang terjadi menjadikan setiap orang seperti memiliki kendalinya sendiri. Dengan begitu banyaknya permasalahan yang ada di dunia pendidikan nyatanya kita harus banyak belajar mengambil makna kehidupan untuk berusaha mengerti keadaan seseorang diilingkungan masyarakat terutama di sekolah. Dunia pendidikan harus menjadi garda terdepan dalam wadah untuk menciptkan generasi emas bangsa Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia yang mengemban amanah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bagi seluruh rakyat Indonesia. Inilah harapan terbesar bangsa,  menjadikan pendidikan lebih baik untuk kedepannya. Bangsa ini menginginkan cerita yang terkenang indah layaknya B.J Habibi yang mampu mengaharumkan bangsa ini dengan kecerdasan yang ia miliki. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghormati, mengingat, menghargai dan belajar di tokoh bangsa di masa lalu untuk membangun generasi muda yang lebih baik.


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar