Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

BHINEKA HANYA KATA



Krisna A. Putra

Kita meyakini bahwa    negeri ini adalah negeri bhineka tunggal ika  di mana perbedaan dan keberagaman adala hekuatan yang menyatukan kita semua, bahkan perbedaan dapat membuat negera ini terbebas  dari dunia penjajahan dan penindasan. Tapi apakah saat  ini makna itu masih  sama? Apakah  kita masih merasakan  kekuatan  keberagaman itu? Hidup di zaman modern dengan kemajuan  teknologi dan ilmu pengetahuan yang pesat membuat  manusia tidak  sadar  bahwa  kita adalah makhluk sosial yang akan  terus saling  membutuhkan  satu sama lain. Perbedaan suku, perbedaan bahasa, dan perbedaan  pulau membuat  kita bukan seperti keluarga tapibagaikan  tetangga yang saling  ujuk agra.

            Saya seorang mahasiswa yang sedang berjuang di tanah  perantauan, berasal dari pulau terluas yang masih menjadi bagian dari bumi ibu pertiwi ini. Pergi dari pulau yang di tinggali oleh orang berjulukan berbahasa ngegas dan keras padahal bagi kami ini normal dan bagian dari keseharian  kami tapi apakah perbedaan ini menjadikan batas antara  suku dan membuat  setiap  suku beranggapan bahwa suku mereka adalah yang terbaik. Padahal setiap suku memiliki cirri khas  dan  kelebihannya masing-masing.

            Indonesia saat ini sedang krisis perbedaan dimana tatapan perbedaan sangat tampak jelas sehingga selalu menimbulkan  persepsi dan  sugesti buruk pada setiap individu. Pernahkah kalian berfikir perjuangan para patriot bangsa tanpa mengenal suku, agama, dan bahasa, hanya demi perstuan mereka berjuang. Bayangkan Indonesia tanpa orang jawa dimana letak kelembutan bangsa ini, bayangkan Indonesia tanpa orang Sumatra dimana letak ketegasan bangsaini, bayangkan Indonesia tanpa Kalimantan dimana letak  kelestarian bangsa ini, bayangkan Indonesia tanpa Sulawesi dimana bukti nenek moyang kita adalah pelaut, dan bayangkan Indonesia tanpa papua dan Ntt  dimana letak keberanian Negara ini menjadi Negara yang akan terus  disegnai oleh negara lain bahkan dunia.

            Indonesia bukan didirikan oleh antar  golongan, Negara ini besar dengan ribuan pulau  dan budaya  serta perbedaan di dalamnya namun dengan perbedaan itulah Negara ini mampu merdeka. Stop! Membanggakan sukumu dan beranggapan bahwa golonganmulah yang terbaik, mari bahu  membahu dengan perbedaan kita bangun Indonesia menjadi lebih maju kedepannya. Jangan jadikan  Bhineka Tunggal Ika hanya kata semata. Mari kita  buktikan dengan bukti nyata  bahwa  Negara pluralisme ini memiliki kekuatan yang lebih yang belum tentu dimiliki negara lain di dunia ini.



Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar