Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

AKU GENERASI UNGGUL KEBANGGAAN BANGSA INDONESIA



Oleh: Savinatul Jannah

Berbicara tentang Indonesia, yang terbayang dibenak kita adalah keanekaragaman budayanya, ramah budinya, serta kekayaan alamnya. Namun dari jutaan keindahan negeri kita tercinta ini, ternyata nusantara kita memiliki PR sangat besar untuk berlari membangun wajah yang lebih baik lagi. Tak hanya infrastruktur bagi negeri ini, concern pemerintah juga harus terbagi untuk generasi para pemuda yang akan meneruskan bangsa ini. Sebagai salah satu anak Indonesia saya sadar betul akan adanya problematika di negeri ini. Indonesia kedepannya adalah tugas bersama seluruh generasi muda yang tentu saja dengan tuntutan para penggerak negeri saat ini.
Generasi unggul diharapkan untuk melanjutkan tonggak pemerintahan dimasa yang akan datang melalui program Beasiswa Unggulan ini. Saya memahami adanya program beasiswa ini tak serta merta untuk meningkatkan semangat belajar kaum muda, namun seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa beasiswa ini juga menjadi bagian besar untuk mempersiapkan generasi unggul yang akan memegang kendali bagi negeri kita ini dimasa yang akan datang.
Menurut pandangan saya, bahwa karakter cerdas dan komperatif cukup mewakili generasi ungggul yang dibutuhkan. Karena sosok yang cerdas tentu dapat memilih dan memilah hal yang baik atau yang buruk. Dan mungkin satu aspek lagi yang dibutuhkan adalah imtaq (iman dan taqwa). Mengingat kondisi perkembang zaman dewasa ini sangat pesat dibidang teknologi, dapat kita tebak tentunya dimasa yang akan datang akan lebih besar lagi tantangan yang dihadapi. Kecerdasan yang diharapkan disini adalah yang dapat memaksimalkan kesempatan dan menggali potensi dan skill mereka. Kedepannya dibutuhkan kecerdasan intelektual secara merata diseluruh penduduk Indonesia. Meningkatkan euphoria masyarakat akan sifat kompetitif juga dibutuhkan, agar selalu terpacu dan merasa tidak puasakan apa yang telah didapat. Dengan memiliki sifat tersebut, para generasi penerus bangsa ini dapat diharapkan dan dapat membawa Indonesia ke masa jaya. Yakni dengan menggali potensi dan mengembangkan sumber daya yang telah ada. Apabila kita tidak memiliki sifat tersebut, maka kepuasan kita terhadap diri sendiri akan terus tumbuh, dan sikap inilah yang menghambat rasa ingin kerja keras. Maka, karakter-karakter tersebut diharapkan dimiliki oleh para generasi penerus bangsa. Dan dengan karakter tersebut, dapat terbentuk sosok-sosok yang berkepribadian unggul menjadi world class people yang mendorong kemajuan bangsa.
Lantaran saat ini saya sedang mengenyam pendidikan sarjana disalah satu perguruan tinggi di Malang yaitu Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Sungguh  besar cita-cita saya untuk menjadi orang yang beruntung yang dapat berjuang dan berkontribusi bagi bangsa. Dan saya yakin bahwa saya adalah satu dari generasi unggul tersebut. Karena saya adalah pribadi yang pekerja keras yang selalu haus akan ilmu pengetahuan. Sejak kecil saya jatuh cinta pada ilmu bahasa. Dari bangku sekolah dasar sampai SMA saya selalu mengikui lomba pidato. Prestasi saya sebagian besar ketika duduk dibangku SMA beberapa kali saya mengikuti lomba sehingga saya pernah memenangkan lomba tersebut. Ketertarikan saya di ilmu pendidikan bahasa saya lanjutkan dibangku kuliah sehingga saya mengambil prodi pendidikan Bahasa Arab.
Generasi unggul adalah generasi yang tak hanya mementingkan dirinya sendiri melainkan pula mementingkan awarenesss kepada orang lain. Kegiatan sosial saya kebanyakan diperoleh disaat saya mengikuti organisasi seperti mengikuti perkumpulan dengan orang-orang hebat dan bertukar pikiran. Karena saya belajar banyak dari kegiatan-kegiatan tersebut, kepribadian saya menjadi lebih dewasa dan dapat memahami makna kehidupan dari banyak orang yang telah saya temui. Banyak orang yang telah menginspirasi saya, maka saya pun berusaha menginspirasi orang lain melalui blog yang saya buat. Ketertarikan saya di dunia jurnalistik dan menulis tertumpuk ketika saya berada di dunia perkuliahan. Dengan menulis saya berharap dapat memberikan motivasi bagi orang lain, terutama dikalangan yang lebih muda dibandingkan saya. Saya harap orang-orang terisnspirasi dari saya, sehingga kebaikan terus terjaga disekitar kita.
Mengenyam pendidikan di kampus ternama tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya. Hal ini pun mendorong saya untuk bisa mendapatkan lebih banyak ilmu dan skill selama saya berada disini. Saya pun berusaha dengan mengikuti seminar-seminar yang berada dan diselenggarakan di dalam kampus. Dan niat saya ingin memiliki kegiatan part time di luar kampus yaitu dengan memberikan les kepada kalangan peserta didik. Menurut saya, jika saya hanya berkuliah saja, kehidupan sosial saya akan sangat terbatas. Sehingga saya memilih untuk mempunyai kegiatan yang membuat saya memiliki teman yang lebih banyak lagi.
Sebagai mahasiswa, saya menyadari kompleks permasalahan bangsa ini. Kemiskinan dan pengangguran adalah dua masalah utama yang sebaiknya segera diselesaikan, terutama kaum intelektual. Memahami sulitnya lapangan pekerjaan, saya berniat untuk kelak dapat berwirausaha agar dapat membantu menyerap tenaga kerja. Disamping itu saya tetap berkeinginan menjadi akademis  yang berkecimpung dibidang pendidikan. Saya merasa bahwa untuk menjadi anak muda kebanggaan bangsa saya harus berusaha lebih keras lagi untuk mengasah potensi dan skill yang dibutuhkan untuk bangsa ini.
Lantaran hingga saat ini saya masih sangat minim pengalaman, terutama dalam karya tulis, sedangkan saya ingin berkecimpung didalamnya. Saya adalah pribadi yang lebih suka berbicara melalui tulisan. Saya sedang mengembangkan skill saya dalam menulis yang sekiranya dibutuhkan untuk misi saya,yaitu memberi motivasi pada anak Indonesia untuk mengejar pendidikan setinggi-tingginya.
Mengapa saya kebanggaan bangsa? Karena saya berupaya memberikan contoh kepada sekitar, betapa nikmatnya menjadi muda-mudi berilmu dan berpendidikan tinggi mencambuk saya untuk menjadi warga negara yang budiman dan taat peraturan. Dengan saya berpendidikan tinggi, minimal dapat mendorong adil dan saudara saya untuk bisa seperti saya. Saya lahir dan besar di kota Jakarta, saya ingin bisa memotivasi teman-teman saya betapa pentingnya pendidikan. Maka apabila semakin banyak masyarakat Indonesia yang memahamkan pentingnya pendidikan, maka akan semakin banyak pula problematika negeri ini yang dapat terselesaikan.
Generasi unggul kebanggaan bangsa adalah saya. Yang berusaha memberikan hal-hal positif bagi lingkungan sekitar. Yang tak kenal lelah untuk belajar dan memiliki semangat yang tinggi untuk terus mengembangkan potensi diri. Yang memilih untuk menjalankan hidup yang bermakna. Yang berusaha untuk menjadi lebih baik setiap harinya. Yang mencintai tanah air karena telah memberikan naungan sejahtera. Saya adalah satu dari jutaan generasi unggul kebanggaan bangsa bercita-cita membangun Indonesia Jaya.
Kita harus selalu ingat dengan tujuan nasional negara kita yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pada alinea keempat, yang salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Cara yang dapat ditempuh untuk mencerdaskan kehidupan bangsa adalah lewat pendidikan. Melalui pendidikan, suatu bangsa dapat mencetak bibit-bibit unggul. Dan melalui pendidikan pula, kita dapat mengejar ketertinggalan dari bangsa lain dalam berbagai bidang serta aspek kehidupan misalkan sains, teknologi, maupun ekonomi.  
Sesungguhnya Indonesia sangat mampu untuk mencetak bibit-bibit unggul generasi muda, karena Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia (SDM) berupa populasi usia produktif yang jumlahnya sangat besar, potensi inilah yang perlu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik agar kualitas generasinya menjadi generasi yang berkarakter, cerdas, serta kompetitif. Langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kuliatas generasi penerus ini adalah melalui pendidikan yang bermutu. Dewasa ini, pemerintah secara intensif melakukan perbaikan dalam bidang pendidikan. Yakni dengan membuat berbagai kebijakan dan program yang membantu seluruh masyarakat agar mendapatkan pendidikan yang bermutu.
Apa yang telah saya jabarkan di atas merupakan salah satu alasan mengapa saya memilih jurusan kependidikan. Dengan saya masuk ke jurusan kependidikan, saya dapat membantu bangsa ini mencetak generasi unggul di masa yang akan datang. Menjadi tenaga pendidik yang baik dan berkualitas akan membentuk generasi yang membanggakan bangsa. Harapan di masa yang akan datang, dengan bertambah baiknya kualitas pembelajaran di Indonesia serta semakin baiknya sistem pendidikan di Indonesia, diharapkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar, maju, dan disegani oleh bangsa lain, serta Indonesia bisa menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, sehingga pendidikan di negara kita dapat digunakan sebagai referensi pendidikan oleh negara-negara lain.


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar