Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

TRADISI LOMBA MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW LEMBAGA MASJID BAITURRAHMAN

Oleh : Siti Khoirun Niswah

Perlombaan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. di masjid Baiturrahman telah menjadi tradisi setiap tahun. Kali ini lomba yang diadakan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya perlombaan diikuti oleh beberapa lembaga dari luar. Namun untuk tahun ini perlombaan diikuti oleh lembaga Masjid Baiturrahman sendiri. Selain TPQ dan PAUD lembaga Baiturrahman telah mendirikan lembaga baru yaitu Daruttahfidz Lil Athfal. Dimana lembaga tersebut mewadahi anak-anak yang berkomitmen dalam menghafal Al-Quran.
Lomba memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. ini dilaksanakan hari kamis dan jumat tanggal 15 dan 16 Nopember 2019. Kegiatan lomba tersebut wajib diikuti oleh seluruh santri TPQ, Daruttahfidz dan PAUD Baiturrahman. Para santri sangat berantusias mengikuti kegiatan lomba ini. Jenis lomba hampir sama dengan lomba tahun-tahun sebelumnya yaitu lomba mewarnai, kaligrafi dan tahfidz Al-Quran.  Panitia pun sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun lalu kegiatan ini dimeriahkan oleh pondok pesantren Darun Nun, grup Assakinah dan Annisa, dan komite PAUD. Untuk tahun ini diramaikan oleh para guru dari lembaga yang dinaungi oleh Masjid Biaturrahman.
Saya selaku ketua panitia pelaksana kegiatan tersebut sangat mengapresiasi perlombaan tersebut. Sebelum perlombaan dimulai mereka semangat sekali untuk muroja’ah dan mempersiapkan mental untuk mengikuti lomba. Beberapa dari mereka juga berkata bahwa dengan adanya lomba-lomba tersebut menambah semangat bagi mereka. Terutama santri yang mengikuti lomba tahfidz Al-Quran. Mereka lebih bersemangat setelah mengikuti perlombaan. Menambah mental mereka semakin kuat, sebab yang menjadi juri dalam perlombaan tersebut bukan dari kami (selaku guru PAUD dan Daaruttahfidz).
Adapun kategori yang dijadikan lomba ialah mulai dari anak yang berumur 3-13 tahun. Telah menjadi kesepakatan panitia bahwa jenis lomba tersebut diantaranya lomba mewarnai kategori I (usia 3-4 tahun), ketegori II (usia 5-6 tahun), kategori III (usia 7-8 tahun), kategori usia 9-13 yaitu lomba kaligrafi. Adapun kategori lomba tahfidz ialah, kategori I(usia 4-5 tahun), katgori II (usia 6-7 tahun), kategori III (umur 8-13).  Kegiatan perlombaan ini berjalan selama 2 hari, dan masyarakat Bukit Cemara Tidar ini juga sangat mengapresiasi kegiatan ini.
Pengumuman lomba-lomba memperingati Maulid Nabi dilaksanakan tanggal hari minggu tanggal 17 Nopember 2019 dengan dibarengi pembacaan sholawat bersama-sama dan pengajian umum yang diisi oleh Dr. KH. Muzzaki, M.A. Harapan kami selaku tenaga pendidik dan katua panitia, kegiatan memperingati Maulid Nabi ini tidak berhenti sampai disini. Harapan lain yang diinginkan ialah menambah semangat para santri baik dari TPQ, PAUD dan Daruttahfidz untuk tetap semangat dalam belajar.

Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar